Alasan Ismed Sofyan Bertahan di Persija Selama Hampir 20 Tahun

- Rabu, 28 Juli 2021 | 12:12 WIB
Persija / dok. Persija
Persija / dok. Persija

TEBET, AYOJAKARTA -- Pemain senior Persija Jakarta Ismed Sofyan telah berseragam Macan Kemayoran hampir selama 20 tahun. Menurutnya, alasan bertahan di Persija Jakarta yakni rasa nyaman yang diberikan tim kepada dirinya.

"Rasa cinta setiap orang kan berbeda. Kalau memikirkan materi, peluang pindah terbuka lebar karena banyak tawaran dengan nominal cukup besar. Tapi soal kenyamanan, tidak semua klub memilikinya," ujarnya dikutip dari laman resmi Persija, Rabu 28 Juli 2021.

Ismed juga mengaku menyimpan kenangan ketika Persija tengah terseok-seok pada musim 2013. Saat itu, Persija harus berjuang keras keluar dari jurang zona degradasi.

Para pemain Persija saling bahu membahu untuk menyelamatkan Macan Kemayoran agar tidak terdegradasi di akhir musim.

"Buat saya, musim 2013 adalah momen terendah selama di Persija," tuturnya.

Ismed menceritakan saat itu sejumlah pemain utama Persija meninggalkan tim karena beragam alasan. Akibatnya, skuad Macan Kemayoran dalam kondisi pincang dan mempengaruhi taktik permainan di lapangan hijau.

Pada 2013, Persija menutup musim di peringkat ke-11 klasemen, dari total 18 tim yang berjuang di Indonesia Super League.

"Persija biasanya langganan papan atas, tapi musim itu terpuruk. Itu momen paling sulit buat saya," kata Ismed.

Persija mencatatkan 12 kali kemenangan, 6 kali hasil imbang dan 16 kali menelan kekalahan pada musim 2013. Bahkan, Macan Kemayoran mencatatkan rekor kekalahan beruntun terpanjang yang ditorehkan sebuah klub pada musim itu, yakni enam pertandingan.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Lawan Persela, Persija Tampil Tanpa 5 Pilar Utama

Jumat, 24 September 2021 | 17:20 WIB
X