Terungkap! Ini Rahasia Persija Jakarta Juara Ligina 2001

- Senin, 10 Agustus 2020 | 13:35 WIB
Eks legenda Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Imran Nahumamury (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)
Eks legenda Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Imran Nahumamury (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)

SOLO, AYOJAKARTA.COM -- Tanggal 7 Oktober 2001, momen sangat spesial bagi The Jakmania. Kala itu, di partai final Liga Bank Mandiri atau Liga Indonesia (Ligina), Persija bersua PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Tim Macan Kemayoran dibesut Sofyan Hadi bisa dikatakan sebagai miniatur Timnas Indonesia. Disesaki pemain timnas seperti Anang Makruf, Nuralim, Gendut Doni, Imran Nahumamury, dan Bambang Pamungkas, bisa dikatakan skuad ini adalah tim bintang musim 2001.

Tak kalah superiornya, PSM Makassar juga berisi pemain timnas semacam Hendro Kartiko, Aji Santoso, Bima Sakti, dan Kurniawan Dwi Yulianto. Dan ini merupakan back to back Juku Eja di partai final, pada musim sebelumnya PSM menjadi juara Ligina.

Pengamat menyebut, Persija dan PSM adalah dua kekuatan sepak bola Tanah Air pada 2001 yang dipertemukan dalam partai puncak.

Dipenuhi The Jakmania, Persija tampil menggila. Duet Diklat Salatiga, Bambang Pamungkas – Gendut Doni menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Pasukan Ramang.

Macan Kemayoran tampil percaya diri. Persija membuka skor lewat Imran Nahumamury pada menit ke-3. Sementara dua gol lainnya dilesakkan Bambang Pamungkas (42’dan 47’) yang sekaligus menjadi pemain terbaik musim 2001.

Pasukan Ramang hanya bisa membalas dua gol striker ganas kala itu, Miro Baldo Bento (65’), dan lewat kelincahan jebolan Diklat Salatiga, Kurniawan Dwi Yulianto (80’).

Momen indah itu tentu saja tak bisa dilupakan Imran Nahumamury yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pembuka kemenangan Persija.

AYO BACA : Persija Glory 2001, Mengenang Kejayaan Persija saat Juara Ligina 2001

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Persija Kedatangan Pelatih Fisik Asal Italia

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:36 WIB
X