Ini Wilayah Terdampak Banjir di Tangerang

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:16 WIB
Ilustrasi banjir (AyoBandung)
Ilustrasi banjir (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Hujan dengan intensitas yang tinggi terjadi di berbagai wilayah di Tangerang, Banten, Sabtu (20/2) pagi. Akibatnya, banjir besar melanda sejumlah titik, sehingga petugas badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) melakukan evakuasi terhadap warga yang terkepung di dalam rumah.

BPBD Kabupaten Tangerang, melalui akun Instagramnya @bpbd.kabtangerang melaporkan adanya banjir akibat hujan deras pada Sabtu (20/2) akibat luapan sungai dan air hujan.

“Menurut laporan sementara dari tim, banjir terjadi di daerah Bunder Kecamatan Cikupa, Kelurahan Bencongan, dan beberapa titik lain di Kecamatan Kelapa Dua, Kecamatan Pasar Kemis (Perum Prima),” tulis akun tersebut.

BPBD sejak dini hari telah melakukan evakuasi karena banyak warga yang terjebak di dalam rumah. Bahkan, tim evakuasi disebut mengalami kewalahan lantaran minimnya peralatan. “Alex Herwanto (danru/komandan regu) BPBD mengatakan, BPBD kewalahan mengingat peralatan seperti perahu dan pendukung lainnya sangat terbatas,” lanjutnya.

Dalam video yang diunggah, banjir disebut terjadi sekira pukul 03.10 WIB di kawasan Bunder Kecamatan Cikupa. Air tampak menggenang wilayah tersebut dengan ketinggian mencapai sedada orang dewasa atau sekitar lebih dari satu meter. Dalam video lainnya, petugas BPBD tampak mengevakuasi warga yang rumahnya diterjang banjir, seperti orang lanjut usia (lansia) dan orang sakit.

BPBD Kota Tangerang melalui akun Instagram @bpbdkotatangerang juga melaporkan terjadinya banjir di berbagai titik sejak Sabtu pagi. Dalam video yang dibagikan, banjir melanda daerah Ciledug, Cibodas, Cimone, dan Panggung Jaya  dengan ketinggian air sekitar 40 sentimeter hingga 1 meter.

“Sabtu (20/2) sejak 01.10 WIB tim BPBD evakuasi warga terdampak di beberapa lokasi di wilayah Kota Tangerang,” tulis akun @bpbdkotatangerang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang Febi Darmawan mengatakan hingga saat ini, sekira pukul 09.10 WIB, proses evakuasi masih dilakukan. "Masih evakuasi," ujarnya saat dihubungi Republika.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Kronologi Penembakan Ustaz di Tangerang Versi Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 13:26 WIB

Ustaz di Tangerang Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Minggu, 19 September 2021 | 06:04 WIB
X