H+3 Lebaran, 56 Kendaraan Disuruh Putar Balik di GT Cikupa

- Selasa, 26 Mei 2020 | 13:16 WIB
Gerbang tol (Kompas.com/Erwin Hutapea)
Gerbang tol (Kompas.com/Erwin Hutapea)

TANGERANG, AYOJAKARTA.COM -- Arus kendaraan yang melintas dari arah Merak ke arah Jabodetabek maupun sebaliknya melalui Gerbang Tol Cikupa atau GT Cikupa, Tangerang, terpantau lengang, Selasa (26/5/2020). 

Namun di sisi lain, masih saja ada pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Pantauan pada sekitar pukul 09.00-11.00 WIB, petugas gabungan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Satpol-PP menerapkan sistem satu lajur dari arah Jabodetabek ke Merak di pos check point GT Cikupa agar kendaraan memperlambat laju. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah arus mudik sesuai aturan PSBB Fase 3 DKI Jakarta yang berakhir pada 4 Juni 2020.

Berdasarkan catatan hari ini petugas, ada 56 unit kendaraan yang melanggar aturan PSBB.

"54 kendaraan pribadi, dua kendaraan angkutan jenis Elf," kata seorang petugas di GT Cikupa.

Petugas belum melakukan pengecekan dari arah Merak ke Jabodetabek, karena sudah disaring dari pintu tol pelabuhan Merak.

Kendaraan yang diperbolehkan melintas di Tol Merak-Tangerang hanya kendaraan logistik dan kendaraan darurat, seperti kendaraan pengangkut bahan bakar, sembako dan ambulan. Setiap kendaraan juga wajib menunjukkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) agar bisa masuk ke Jabodetabek demi mencegah orang masuk ke dalam episentrum Covid-19 di Indonesia.

Apabila pengendara tidak dapat menunjukkan SIKM, maka kendaraan mereka akan diputarbalikkan, untuk kembali ke arah Merak atau ke arah Jabodetabek.

Sebagai catatan, PT Jasa Marga (Persero) mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang sebanyak 11.665 unit kendaraan atau turun 71 persen dari Lebaran 2019.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Kronologi Penembakan Ustaz di Tangerang Versi Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 13:26 WIB

Ustaz di Tangerang Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Minggu, 19 September 2021 | 06:04 WIB

Helikopter Terguling di Bandara Budiarto Tangerang

Senin, 13 September 2021 | 15:22 WIB
X