Satu Minggu PSBB Tangsel, Airin-Benyamin Gagal Pimpin Gugus Tugas

- Sabtu, 25 April 2020 | 14:10 WIB
Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan, Li Claudia Chandra. (Dok. pribadi)
Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan, Li Claudia Chandra. (Dok. pribadi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tangerang Selatan, Banten, sudah berjalan satu minggu. 

Namun, menurut Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan, Li Claudia Chandra, upaya yang dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di Tangsel sungguh tidak maksimal.

Kegiatan masyarakat sehari-hari tampak masih berjalan normal, seperti tak terjadi apa apa. Pengamanan chek point sebagai pintu masuk pemeriksaan dan pencegahan keluar-masuk Tangsel hanya berlangsung di hari pertama. Ditambah lagi, tidak berjalannya pelaksanaan check point di tingkat RT dan RW sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota. 

"Petugas penindakan, dalam hal ini Satpol PP, seperti membiarkan pelanggaran yang terjadi. Saya mencatat banyak hal yang dilanggar tetapi masih diabaikan," terang Claudia, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi catatannya setelah PSBB berlangsung di Tangsel. Pertama, banyak pintu kecil yang menjadi jalur keluar masuk wilayah Tangsel yang belum terpantau dan belum menjadi titik check point. 

"Saya meminta agar pemerintah Kota Tangerang Selatan harus segera menutup pintu-pintu kecil tersebut," ucap Claudia.

Kedua, sampai hari ini masih banyak masyarakat yang abai menggunakan masker sebagai sarana pencegahan penularan. Karena itu, Satpol PP harus lebih tegas dalam pelaksanaan Perwal PSBB Tangsel.

Tiga, banyak bidang usaha yang dilarang beroperasi selama pelaksanaan PSBB tetap nekat menjalankan usahanya. Untuk itu, perlu tindakan tegas dari Pemkot Tangsel untuk menertibkan. Pemkot harus berani mencabut izin usaha perusahaan terkait bila masih ada pelanggaran.

Empat, soal keterbukaan informasi dan data sebaran orang yang terpapar Covid-19. 

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Kronologi Penembakan Ustaz di Tangerang Versi Polisi

Minggu, 19 September 2021 | 13:26 WIB

Ustaz di Tangerang Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Minggu, 19 September 2021 | 06:04 WIB

Helikopter Terguling di Bandara Budiarto Tangerang

Senin, 13 September 2021 | 15:22 WIB
X