Amankan Pilkades, Polresta Tangerang Terjunkan Tiga Ribu Personel

- Selasa, 17 September 2019 | 16:58 WIB
Ilustrasi pemilihan kepala desa/Antara
Ilustrasi pemilihan kepala desa/Antara

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Jajaran Polresta Tangerang, Banten menerjunkan sekitar 3.000 personel dalam mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak pada 1 Desember 2019.

''Kami juga melibatkan unsur Satpol PP dan instansi lainnya agar selama tahapan pilkades berjalan aman dan lancar,'' jelas Wakil Kepala Polresta Tangerang AKBP Komarudin, Selasa (17/9/2019).

Dia menjelaskan, pilkades digelar di 153 desa namun terdapat 92 desa dalam wilayah hukum Polresta Tangerang. Selebihnya berada di wilayah hukum Polres Tangerang Selatan dan Polda Metro Jaya.

Menurut Komarudin, pengamanan yang dilakukan tidak hanya dari aparat Polri melainkan juga melibatkan TNI dan unsur lain.

Polresta Tangerang sendiri telah mengelar pengamanan pilkades dalam tajuk Operasi Gemilang Kalimaya 2019 di halaman gedung serba guna Puspem Kabupaten Tangerang.

''Pilkades 92 desa yang harus diamankan bukanlah jumlah yang sedikit maka diperlukan ribuan pasukan untuk mengamankan kontestasi politik tingkat desa itu,'' ujar Komarudin. 

Ditambahkannya, jumlah personel yang diterjunkan masih memungkinkan bertambah mengingat potensi konflik pada suatu desa.

Komarudin pun berharap agar aparat pemerintah dapat menjunjung tinggi netralitas sehingga pelaksanaan pilkades berlangsung aman, lancar, jujur, adil, dan tanpa kendala. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Tags

Terkini

Ustaz di Tangerang Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Minggu, 19 September 2021 | 06:04 WIB

Helikopter Terguling di Bandara Budiarto Tangerang

Senin, 13 September 2021 | 15:22 WIB
X