Olimpiade Tokyo 2020: Medali Emas Dari Greysia/Apriyani Dongkrak Peringkat Indonesia

- Senin, 2 Agustus 2021 | 16:25 WIB
Olimpiade Tokyo 2020: Medali Emas Dari Greysia/Apriyani Dongkrak Peringkat Indonesia/badmintonindonesia.org
Olimpiade Tokyo 2020: Medali Emas Dari Greysia/Apriyani Dongkrak Peringkat Indonesia/badmintonindonesia.org

TEBET, AYOJAKARTA -- Lagu kebangsaan Indonesia Raya akhirnya berkumandang di Olimpiade Tokyo 2020. Musashino Forest Sport Plaza Tokyo menjadi saksi bisu berkibarnya bendera Merah Putih milik Indonesia di tempat tertinggi.

Pebulutangkis ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menjadi pahlawannya. Mereka sukses menyabet medali emas usai mengemas kemenangan di laga final kontra wakil China sekaligus unggulan kedua Chen Qing Chen/Jia Yi Fan Senin (2/8) siang. 

Greysia/Apriyani menang dua gim langsung 21-19, 21-15. Medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dan juga menjadi medali emas pertama dari sektor ganda putri sepanjang pagelaran Olimpiade.

Keping emas Greysia/Apriyani sekaligus mendongkrak peringkat Indonesia di klasemen medali. Sebelum Greysia/Apriyani menyumbangkan emas, Indonesia berada di posisi 57 di Olimpiade Tokyo 2020. 

Posisi itu dihasilkan dari raihan 3 medali yaitu 1 medali perak dan 2 medali perunggu. Namun, setelah Indonesia berhasil mendapatkan medali emas, Indonesia menempati ranking 34 dengan perolehan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

“Penampilan Greysia/Apriyani membuat bangga kami semua, bahkan seluruh masyarakat Indonesia. Mereka berhasil membuat sejarah di Olimpiade Tokyo, Greysia/Apriyani menjadi penyumbang emas sekaligus ganda putri pertama yang mampu meraih medali di Olimpiadę,” kata Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani dalam pernyataan resminya, Senin 2 Agustus 2021.

Rosan mengatakan medali Indonesia masih bisa bertambah. Hal ini karena masih ada atlet Merah Putih yang akan bertanding, yaitu pebulutangkis sektor tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting di perebutan medali perunggu, serta lifter Nurul Akmal yang akan turun di kelas +87kg putri.

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Debut di Piala Sudirman, Putri KW Justru Termotivasi

Selasa, 14 September 2021 | 14:25 WIB

Keinginan Richard Mainaky di Sisa Waktu Jelang Pensiun

Senin, 13 September 2021 | 14:45 WIB
X