Olimpiade Tokyo 2020 : Praveen/Melati Tersingkir, Ini Kata Pelatih

- Rabu, 28 Juli 2021 | 15:37 WIB
Olimpiade Tokyo 2020 : Praveen/Melati Tersingkir, Ini Kata Pelatih / dok.badmintonindonesia.org
Olimpiade Tokyo 2020 : Praveen/Melati Tersingkir, Ini Kata Pelatih / dok.badmintonindonesia.org

TOKYO, AYOJAKARTA -- Indonesia harus mengubur impiannya dalam-dalam untuk mempertahankan medali emas bulu tangkis ganda campuran di ajang Olimpiade yang diselenggarakan di Tokyo.

Kenyataan pahit harus diterima ketika wakil Indonesia satu-satunya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti takluk dari pasangan ranking satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong asal China.

Praveen/Melati kalah dua game langsung dengan skor 17-21 dan 15-21. Kekalahan ini memupus harapan ganda campuran Indonesia untuk mempertahankan medali emas Olimpiade yang diraih oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Rio de Janeiro, Brazil tahun 2016.

Pelatih Ganda Campuran PP PBSI Nova Widianto mengatakan banyak faktor dan evaluasi, baik untuk Praveen/Melati maupun keseluruhan untuk sektor ganda campuran. 

Kekecewaan sudah barang tentu menyelimuti Jordan/Melati. Tetapi Nova menegaskan bahwa kekalahan ini adalah tanggung jawabnya.

"Kecewa pasti karena mereka ditarget meraih medali, tapi saya melihat mereka sudah maksimal hari ini. Apapun hasilnya saya berterima kasih karena mereka sudah berjuang," tutur Nova dalam keterangan resmi lewat Tim Humas PP PBSI, Rabu 28 Juli 2021.

Nova menggarisbawahi bahwa kendala Praveen/Melati adalah inkonsistensi. Dia menyimpulkan, inkonsistensi tersebut berasal dari faktor teknis, dimana anak didiknya itu hanya mempunyai satu pola dalam bermain.

"Itu sudah terbaca lawan-lawannya. Ketika mainnya tidak jalan, kita tidak punya alternatif lain," pungkasnya.

Selain itu, Nova menyebut bahwa pemain putri di ganda campuran Indonesia saat ini mempunyai kelemahan dalam defense (pertahanan). Hal itu menjadi faktor peran pemain putra pada ganda campuran sangat besar, bahkan perbandingannya bisa 80:20 dibanding pemain putri. 

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

X