OLIMPIADE TOKYO 2020: Profil Singkat Windy Cantika Aisah Penyumbang Medali Pertama dari Angkat Besi

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 13:57 WIB
OLIMPIADE TOKYO 2020: Profil Singkat Windy Cantika Aisah Penyumbang Medali Pertama dari Angkat Besi/akun twitter @KEMENPORA_RI
OLIMPIADE TOKYO 2020: Profil Singkat Windy Cantika Aisah Penyumbang Medali Pertama dari Angkat Besi/akun twitter @KEMENPORA_RI

TEBET, AYOJAKARTA – Indonesia meraih medali pertama di ajang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang. Lifter muda yang baru berusia 19 tahun, Windy Cantika Aisah, menyumbangkan perunggu dari cabang olahraga angkat besi.

“SELAMAT! Medali Pertama Indonesia diraih oleh lifter muda Windy Cantika Aisah yang berhasil memperoleh Medali Perunggu pada cabang olahraga Angkat Besi dengan total angkatan 194kg (Snatch 84kg, Clean and Jerk 110kg).”

Demikian informasi yang disampaikan akun Twitter Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), @KEMENPORA_RI, Sabtu 24 Juli 2021.

Seperti dilansir suara.com, Windy Cantika Aisah, bergabung ke pelatnas angkat besi yang terletak di Mess Kwini, Jakarta Pusat, pada Februari 2019. Ketika itu, lifter berusia 16 tahun itu merupakan siswi kelas dua SMA di Pameungpeuk, Bandung.

"Saya datang ke sini (pelatnas angkat besi) tahun lalu, kemudian kembali ke daerah untuk ikut kejuaraan nasional di Bandung," ujar Windy Cantika Aisah di Mess Kwini, Jakarta Pusat, Jumat (5 April 2019).

"Lalu saya kembali lagi ke pelatnas Februari tahun ini. Jadi kira-kira baru satu bulan lah bergabung dengan yang lain," sambungnya.

Meski belum lama bergabung, Windy Cantika Aisah sejatinya bukanlah wajah baru di pelatnas angkat besi. Pada gelaran Asian Games 2018, dirinya turut menjadi bagian skuat Merah Putih, walaupun akhirnya tak diturunkan.

Selain itu, prestasinya di level junior juga cukup baik. Windy Cantika Aisah menempati peringkat keempat di EGAT's Cup 2019 di Thailand, dengan catatan 71 kg snatch dan 90 kg clean and jerk.

Potensi Windy Cantika Aisah sebagai lifter masa depan semakin menjanjikan setelah pada tes progres atlet yang berlangsung di Mess Kwini, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019), dirinya mampu mencatatkan angkatan yang sangat impresif.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Ini Skuad Tim Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

Senin, 20 September 2021 | 15:23 WIB
X