Soal Anggaran Olahraga di APBN, Yoyok Sukawi Ingin Ada Angka Pasti

- Kamis, 17 Desember 2020 | 15:58 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi. (Ayojakarta/Budi Cahyono)
Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi. (Ayojakarta/Budi Cahyono)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi mendesak adanya angka pasti di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk dunia olahraga.

Menurut Yoyok Sukawi yang termasuk anggota Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN), sudah saatnya dunia olahraga lebih diperhatikan dengan memberi porsi anggaran yang lebih ideal.

AYO BACA : The Bucketlist, Galeri Basket Standar Internasional yang Memajang Koleksi Denny Sumargo hingga Jordan

“Saat ini anggaran untuk olahraga memang belum ditentukan secara pasti. Saya dan beberapa teman Panja RUU SKN ingin ada angka pasti terkait anggaran olahraga. Kami mengusulkan anggaran olahraga sebesar 2,5 persen dari total APBN,” tutur Yoyok Sukawi melalui keterangan tertulis yang diterima Ayojakarta, Kamis (16/12/20).

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini lantas membandingkan antara anggaran untuk olahraga di Indonesia dengan negara tetangga seperti Singapura.

AYO BACA : PSSI Hormati Keputusan AFF Soal Penundaan Piala AFF 2020

“Di Indonesia angkanya belum pasti, sementara di Singapura yang negaranya tak sebesar di Indonesia sudah di angka empat persen. Padahal anggaran untuk olahraga cukup penting mengingat dari olahraga nama suatu bangsa bisa diharumkan jika dikelola dengan benar,” imbuhnya.

Yoyok Sukawi juga berpendapat apabila anggaran terkait olahraga sudah diatur dalam sebuah undang-undang dan angkanya cukup layak, maka ke depan olahraga Indonesia akan lebih maju dan lebih diperhatikan oleh pemangku kepentingan.

“Misal seperti ini, kalau anggaran olahraga tidak ditentukan dalam angka. Maka akan terjadi kejomplangan antara satu daerah dengan daerah lain jika berbicara di lingkup nasional. Kalau di suatu daerah kepala daerahnya tidak suka olahraga maka akan sulit maju,” terangnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Ini Skuad Tim Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

Senin, 20 September 2021 | 15:23 WIB

Debut di Piala Sudirman, Putri KW Justru Termotivasi

Selasa, 14 September 2021 | 14:25 WIB

Keinginan Richard Mainaky di Sisa Waktu Jelang Pensiun

Senin, 13 September 2021 | 14:45 WIB
X