Liga 1 Tanpa Degradasi, Begini Alasan Ketua Umum PSSI

- Jumat, 12 Juni 2020 | 14:33 WIB
Bruno Matos saat membela Persija Jakarta, berusaha melepaskan diri dari kawalan dua pemain PS Sleman, Bagus Nirwanto dan Irkham Zahrul Mila di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)
Bruno Matos saat membela Persija Jakarta, berusaha melepaskan diri dari kawalan dua pemain PS Sleman, Bagus Nirwanto dan Irkham Zahrul Mila di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. (Ayojakarta.com/Budi Cahyono)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Wacana penghapusan degradasi untuk klub Liga 1 jika kompetisi kembali digelar, menuai pro-kontra dari klub-klub Liga 1. Meskipun, kebijakan kompetisi tanpa degradasi tidak ada dalam statuta PSSI.

Menanggapi pertanyaan pemilik klub maupun pecinta bola Tanah Air, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan, wacana tersebut didasar atas rasa keadilan.

"Mengapa tidak ada degradasi? Kami kasihan nanti jika ada tim yang berasal dari daerah terdampak Covid-19 dan tidak maksimal mainnya. Nanti tim tersebit turun kasta," ujar Iriawan dalam Webinar yang diselenggarakan LPEM FEB Universitas Indonesia, Kamis (11/6/2020).

AYO BACA : PSSI Siapkan Dua Opsi Jika Kompetisi Dilanjutkan

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan, penghapusan sistem degradasi bercermin pada Liga Jepang (J-League) yang sama-sama meniadakan sistem turun kasta bagi klub penghuni peringkat terbawah.

Meski tak ada degradasi, PSSI tetap memberlakukan sistem promosi bagi klub Liga 2 yang keluar sebagai juara dan peringkat kedua. Apabila sistem tersebut diberlakukan maka pada kompetisi Liga 1 musim 2021 bakal diikuti 20 tim.

"Keputusan itu kita ambil setelah melihat dari kompetisi negara-negara lainnya seperti Jepang dan lainnya," kata dia, seperti dilansir Republika.co.id..

AYO BACA : PT LIB Nyatakan Siap Lanjutkan Liga 1 2020 dengan Protokol Kesehatan

Namun kebijakan itu bukan merupakan keputusan final, apalagi terdapat sejumlah pihak yang menentang rencana tersebut dengan alasan melanggar statuta. PSSI masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk membahas segala penyesuaian-penyesuaian agar liga berjalan tanpa masalah.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Debut di Piala Sudirman, Putri KW Justru Termotivasi

Selasa, 14 September 2021 | 14:25 WIB

Keinginan Richard Mainaky di Sisa Waktu Jelang Pensiun

Senin, 13 September 2021 | 14:45 WIB
X