Atlet Lolos Kualifikasi Olimpiade Dipilih NOC

- Jumat, 3 April 2020 | 16:30 WIB
Dua orang berdiri di belakang logo Olimpiade di Tokyo, Jepang.   Foto: EPA
Dua orang berdiri di belakang logo Olimpiade di Tokyo, Jepang. Foto: EPA

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Wabah virus corona memaksa Komite Olimpiade Internasional (IOC) menunda pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 selama setahun.

IOC memastikan atlet yang telah lolos kualifikasi akan dipilih Komite Olimpiade Nasional (NOC) masing-masing negara. Dari total keseluruhan 11.000 atlet, sekitar 57 persen di antaranya sudah dinyatakan lolos kualifikasi.

AYO BACA : Soal Kualifikasi Olimpiade Tokyo, Begini Tanggapan Presiden Atletik Internasional

Melalui sebuah pernyataan resmi yang dikutip dari Reuters, Kamis (2/4/2020), IOC menegaskan bahwa atlet-atlet yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos olimpiade itu kini harus dipilih kembali oleh NOC karena para atlet tersebut nantinya akan mewakili negaranya masing-masing, bukan diri sendiri.

“Semua kualifikasi yang telah dipenuhi oleh NOC dan tiap-tiap atlet akan tetap ada. Namun, seluruh atlet harus dipilih kembali secara individu karena mereka akan merepresentasikan NOC-nya masing-masing. Dalam dunia olah raga, NOC mempunyai hak untuk memilih atlet,” kata Direktur Olahraga IOC, Kit McConnell melalui sambungan telepon.

AYO BACA : Terancam Degradasi, Brescia Desak Liga Italia Dihentikan

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa IOC juga masih berdiskusi dengan FIFA terkait pelaksanaan olimpiade tahun depan karena hanya atlet berusia di bawah 23 tahun yang diperbolehkan untuk bertanding.

Dalam banyak kasus, beberapa pemain sepak bola akan melewati batas usia yang telah ditentukan pada tahun depan meskipun sudah lolos kualifikasi di tahun ini.

“Dalam beberapa jenis olahraga, ada aturan spesifik mengenai batasan usia atlet, baik itu usia terendah maupun tertinggi, demi alasan keselamatan sekaligus penyetaraan, seperti yang diterapkan dalam aturan sepak bola pria dengan usia dibawah 23 tahun,” ujar Kit.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Ini Skuad Tim Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

Senin, 20 September 2021 | 15:23 WIB

Debut di Piala Sudirman, Putri KW Justru Termotivasi

Selasa, 14 September 2021 | 14:25 WIB
X