Perkumpulan Garuda Baseball-Softball Berlatih Secara Daring

- Rabu, 1 April 2020 | 11:49 WIB
(Komunikasi  Garuda Baseball-Softball Club)
(Komunikasi Garuda Baseball-Softball Club)

JAKARTA, AYOJAKARTA,COM -- Sejalan dengan arahan dari pemerintah agar masyarakat untuk melakukan kegiatan seperti bekerja, belajar dan beribadah di rumah karena mewabahnya penyakit COVID-19, Perkumpulan Baseball-Softball Garuda menerapkan metode latihan secara daring bagi para atletnya. Program latihan secara daring, atau disebut juga dengan online practice ini, dimulai pada bulan April hingga kondisi normal kembali.

“Kami menghentikan kegiatan latihan di lapangan untuk sementara, mengikuti arahan social distancing dari pemerintah. Namun, kami tetap menganjurkan anggota kami untuk terus berolahraga di rumah guna menjaga kebugaran, kesehatan dan meningkatkan kemampuannya. Maka dari itu, kami menerapkan program latihan baseball atau softball secara daring dengan variasi latihan yang sudah di modifikasi oleh pelatih, namun tetap sejalan dengan hasil yang ingin dicapai,” jelas Ketua Umum Garuda, Febrinaldy Darmansyah dalam pers rilis yang diterima redaksi, Rabu (1/4/2020).

Online practice yang dilakukan oleh Garuda menggunakan aplikasi Zoom sehingga tatap muka antara pelatih dan atletnya tetap terjalin dengan baik. Metode latihan yang digunakan berupa penjelasan secara teori maupun dalam bentuk aktivitas fisik yang dipantau langsung oleh pelatih. 

Para atlet juga akan mendapatkan tugas latihan yang harus dilakukan oleh masing-masing atlet di rumah. Tugas yang dilakukan oleh atlet wajib direkam dan kemudian di upload ke Google Drive yang telah disiapkan untuk di evaluasi oleh tim pelatih. 

Tak hanya itu, tim pelatih juga menyiapkan berbagai kuis dan permainan yang berhubungan dengan baseball atau softball agar atlet tidak bosan dan jenuh.

Khusus untuk atlet cilik Garuda usia 4 hingga 6 tahun, latihan secara daring ini perlu adanya pendampingan dari para orang tua, sehingga instruksi dari pelatih dapat berjalan dengan baik. Metode dan materi yang diterapkannya pun berbeda dengan atlet yang sudah remaja. 

“Memang disitu tantangannya bagi pelatih untuk atlet cilik. Menyusun materi latihan daring untuk atlet cilik tentunya berbeda dengan atlet yang usianya sudah remaja. Oleh karenanya pelatih akan lebih banyak menggunakan permainan daripada penjelasan teori agar menjadi menarik,” jelas Febri.

Febri juga mengatakan bahwa inisiatif mengadakan latihan secara daring ini merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda untuk selalu membina atletnya, tidak hanya di lapangan saja. 

“Semoga latihan secara daring ini dapat membuat atlet kami selalu bugar dan sehat, sehingga dapat melakukan aktivitasnya di rumah dengan optimal. Selain itu, kami juga berharap wabah COVID-19 ini dapat segera teratasi, sehingga kehidupan dapat kembali normal,” tutup Febri.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Ini Skuad Tim Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

Senin, 20 September 2021 | 15:23 WIB

Debut di Piala Sudirman, Putri KW Justru Termotivasi

Selasa, 14 September 2021 | 14:25 WIB
X