Melintasi 2 Provinsi, Tour de Singkarak Lewati Rute Sepanjang 1.363 Kilometer

- Selasa, 1 Oktober 2019 | 21:22 WIB
Tour de Siak, di Kabupaten Siak/Riaugreen.com
Tour de Siak, di Kabupaten Siak/Riaugreen.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Rute sepanjang 1.363 kilometer dan terbagi menjadi sembilan etape akan dilewati pembalap dalam ajang Tour de Singkarak (TdS) 2019. 

"Etape nya sudah final. Grand opening di Pantai Gondoriah Pariaman dan Grand Clossing di Danau Cimpago, Padang," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar), Oni Yulfian di Padang, Selasa (1/10/2019).

Menurut Oni, TdS kali ini istimewa karena tidak hanya melibatkan kota dan kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) tetapi juga dua daerah di Provinsi Jambi. Hal itu baru pertama dilakukan sejak pelaksanaan ajang itu sebelas tahun lalu.

Di Sumbar terdapat 14 kabupaten dan kota yang akan dilalui sementara di Jambi melewati Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

AYO BACA : Walau di Tengah Kabut Asap, Tour de Siak Tetap Digelar Sesuai Jadwal

''Kabupaten dan kota Sumbar yang tidak ikut pada TdS kali ini, Sijunjung, Kota Solok, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Mentawai. Terkendala anggaran," ujar Oni. 

Kesembilan etape TdS 2019 yang akan digelar 2 hingga 10 November 2019 tersebut yakni, Etape I (107,3 km) dengan start di Pantai Gandoriah (Kota Pariaman) dan finish di Istano Basa Pagaruyuang (Kabupaten Tanah Datar). Etape II (112, 2 km) dimulai di Kantor Bupati Pasaman (Kabupaten Pasaman) dan finish di jam Gadang (Kota Bukittinggi).

Lalu, etape III (125,6 km) dengan start di air terjun aka barayun (Kabupaten Lima puluh kota) dan finish di Jalan Sudirman (Kota Padang Panjang), Etape IV (205,3 km) start di Kantor Bupati Dharmasraya (Dharmasraya) dan finish di lapangan Segita (Kota Sawahlunto). Etape V (206,5 km) start di Kantor Dinas Pariwisata Payakumbuh (Kota Payakumbuh) dan finish di Ambun Pagi (Kabupaten Agam).

Kemudian, Etape VI (214,2 km) dengan start di Dermaga Singkarak (Kabupaten Solok) dan finish di taman kota Padang Aro (Kabupaten Solok Selatan), Etape VII (82,9 km) start di Air Terjun Telun Berasap (Kabupaten Kerinci, Jambi) dan finish di Dermaga Danau Kerinci (kabupaten Kerinci, Jambi).

Halaman:

Editor: Lopi Kasim

Tags

Terkini

Debut di Piala Sudirman, Putri KW Justru Termotivasi

Selasa, 14 September 2021 | 14:25 WIB

Keinginan Richard Mainaky di Sisa Waktu Jelang Pensiun

Senin, 13 September 2021 | 14:45 WIB
X