Kalahkan Taiwan Tiga Gol Tanpa Balas, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Selanjutnya

- Senin, 11 Oktober 2021 | 22:11 WIB
Ricky Kambuaya (PSSI)
Ricky Kambuaya (PSSI)
KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Tim Nasional Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0 pada leg 2 playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Buriram, Thailand, Senin 11 Oktober 2021. Gol Timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-28, Ricky Kambuaya di menit ke-55 dan Witan Sulaeman pada menit 90+3.
 
Pada menit awal, Timnas Indonesia langsung menguasai jalannya pertandingan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, langsung menerapkan permainan bola-bola pendek kepada anak asuhnya. 
 
Pada menit ke-28, Timnas Indonesia berhasil membuka keunggulan melalui kaki Egy Maulana Vikri. Pemain yang berlaga di Liga Slovakia itu berhasil memanfaatkan kelengahan di sisi kiri pertahanan Taiwan. 
 
Pada menit ke-35, Indonesia hampir mencetak gol kedua. Tembakan jarak jauh kaki kanan Adam Alis berhasil diamankan kiper Taiwan, Shin-An.
 
Keunggulan Timnas Indonesia 1-0 atas Taiwan bertahan hingga wasit meniup pluit panjang berakhirnya babak pertama.
 
Di babak kedua, Shin Tae Yong melakukan pergantian pemain. Adam Alis ditarik keluar dan digantikan oleh Witan Sulaeman. Pergantian pemain yang dilakukan Shin membuahkan hasil manis.
 
Pola permainan lini tengah Timnas Indonesia semakin kreatif setelah masuknya Witan Sulaeman. Alhasil, Ricky Kambuaya berhasil mencetak gol melalui tendangan keras kaki kirinya di menit ke-55.
 
Pemain bernomor punggung 15 itu memanfaatkan kemelut di depan gawang Taiwan. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia
 
Pada menit ke-58, Evan Dimas melakukan tendangan jarak jauh. Namun, bola yang meluncur dengan deras itu dapat ditangkap oleh kiper Taiwan. 
 
Pada menit ke-73, Shin Tae Yong melakukan pergantian dua pemain. Ramai Rumakiek masuk menggantikan Egy Maulana Vikri, sementara Abimanyu masuk menggantikan kapten Evan Dimas. 
 
Setelah Evan Dimas ditarik keluar, ban kapten langsung disematkan ke pemain belakang Asnawi Mangkualam. 
 
Pada menit ke-88, Kushaedya masuk menggantikan Dedik Setiawan, sementara Kadek Agung masuk menggantikan Ricky Kambuaya. 
 
Menit ke-90+3, Witan Sulaeman berhasil menceploskan gol ke gawang Taiwan. Pemain yang bermain di tim Legia Gdansk Polandia itu mampu mengunci kemenangan Timnas Indonesia dengan skor 3-0.
 
Skor 3-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia bertahan hingga wasit meniup pluit panjang berakhirnya laga. 
 
Lini pertahanan Indonesia yang dikawal Ryuji Utomo dan Victor Igbonefo tampil sangat kokoh. Pengalaman yang dimiliki Victor Igbonefo mampu membuat lini pertahanan Timnas Indonesia tampil tidak panik. 
 
Tak hanya duet Ryuji Utomo dan Victor Igbonefo yang tampil mengesankan, peran Rahmat Irianto sebagai gelandang pengangkut air pun patut diacungi jempol. Rahmat Irianto berkali-kali memutus serangan yang dilakukan Taiwan.
 
Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan dengan agregat skor 5-1 di babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebelumnya di leg pertama, anak asuh Shin Tae Yong berhasil menang 2-1 atas Taiwan. 
 
Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 berkat keunggulan agregat 5-1 atas Taiwan.
 
Indonesia (4-2-3-1): 
M. Riyandi; Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Victor Igbonefo, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Evan Dimas; Ricky Kambuaya, Adam Alis, Egy Maulana Vikri; Dedik Setiawan. 
 
Pelatih: Shin Tae Yong. 
 
 
 
 
 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

X