Menurut Studi Begini Pola Makan yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:11 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Dibandingkan dengan berolahraga, studi mengungkap bahwa pola makan lebih berdampak untuk upaya penurunan berat badan. Hal itu terungkap dalam sebuah studi baru yang menunjukkan efektivitas pengaturan pola makan.

Dalam risetnya, pusat penelitian Springer Link itu meninjau 45 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Studi mengeksplorasi apakah diet rendah karbohidrat (LCD) atau olahraga yang lebih efektif dalam peningkatan metabolisme.

Mereka secara acak dibagi ke dalam dua kelompok. Peserta di kelompok diet rendah karbohidrat mengonsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat sehari, sementara kelompok olahraga diminta melakukan olahraga sedang hingga berat selama tiga pekan.

Setelah periode tiga pekan, para peneliti menemukan pola makan rendah karbohidrat menyebabkan penurunan berat badan yang lebih besar daripada berolahraga. Muncullah kesimpulan mengatur pola makan lebih efektif menurunkan berat badan.

Akan tetapi, pakar gaya hidup Dave Asprey mengatakan seseorang tetap perlu aktif bergerak. Meskipun, dia setuju bahwa mengatur apa yang dimakan lebih penting daripada seberapa banyak jumlah makanan dan lebih penting daripada seberapa banyak berolahraga.

"Jangan lakukan apa yang pernah saya lakukan: 90 menit olahraga sehari, enam hari sepekan, dengan diet rendah lemak, tinggi karbohidrat, rendah kalori. Saya masih gemuk pada akhirnya karena saya belum mengerti cara yang benar," ungkapnya.

Dia menekankan bahwa kuncinya adalah pola makan rendah karbohidrat. Diet rendah kalori yang dipilih juga perlu dicermati. Jika kalori tersebut masih merupakan kalori berkualitas buruk, maka seseorang tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ada juga metode alternatif untuk mengurangi lemak tubuh, yang sekaligus meningkatkan massa otot pada saat yang sama. Caranya, makan lebih banyak melalui diet kalori yang sangat tinggi seperti yang dilakoni oleh aktor Chris Hemsworth.

Metode itu mendapat dukungan dari pakar pengobatan holistik dari New York, Amerika Serikat, Gabrielle Lyon. Dengan catatan, saat menerapkan metode diet itu, perlu diimbangi dengan program latihan beban yang efektif dan memilih jenis makanan yang baik.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

3 Gejala Kamu Alami Intoleransi Laktosa

Kamis, 16 September 2021 | 11:51 WIB

Ini Manfaat Konsumsi Cabai Hijau untuk Kesehatan

Rabu, 15 September 2021 | 17:59 WIB

Ketahui Efek Baik dan Buruk Konsumsi Yoghurt

Rabu, 15 September 2021 | 16:35 WIB

Ini 4 Tanda Skincare yang Dipakai Cocok untuk Kulitmu!

Rabu, 15 September 2021 | 11:58 WIB

Lakukan 6 Hal Ini Agar Mood Anda di Pagi Hari Lebih Baik

Selasa, 14 September 2021 | 07:50 WIB

Tips Mudah Hindari Gigi Ngilu karena Sensitif

Senin, 13 September 2021 | 16:06 WIB

5 Manfaat Kesehatan Bernyanyi

Senin, 13 September 2021 | 14:18 WIB

Mitos dan Fakta Tentang Madu

Senin, 13 September 2021 | 14:07 WIB

Studi: Masker Kain Bertahan Lama Tangkal Virus Corona

Senin, 13 September 2021 | 09:01 WIB

Ini 6 Manfaat Madu Mentah untuk Kesehatanmu!

Sabtu, 11 September 2021 | 16:19 WIB

Benarkah Tak Sarapan Bisa Turunkan Berat Badan?

Jumat, 10 September 2021 | 06:08 WIB
X