Bunuh Racun hingga Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

- Rabu, 7 Juli 2021 | 07:07 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin minum air putih di pagi hari. Minum air putih setidaknya dua gelas di pagi hari sangat dianjurkan agar tubuh tetap terhidrasi.

Ketika tidur tubuh secara alami kehilangan hidrasi, terutama jika seseorang mendengkur atau bernapas melalui mulut. Karenanya minum air putih setelah bangun tidur sangatlah penting. Untuk lebih jelasnya, berikut tujuh manfaat minum air putih di pagi hari seperti dilansir dari laman PureWow, Kamis (30/7).

Meningkatkan metabolisme
Menurut sebuah penelitian di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, air minum (sekitar 20 ons) dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 30 persen. Minum air putih kala perut kosong juga membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Meringankan mulas dan gangguan pencernaan
Ketika Anda meneguk segelas air setelah bangun tidur membantu membersihkan asam makanan dari kerongkongan dan juga membantu menghilangkan asam dari gigi.

Cegah batu ginjal
Minum air putih setelah bangun tidur adalah kunci untuk melarutkan zat dalam urin yang dapat menyebabkan batu ginjal. Tetapi kata para ahli, asupan air Anda harus banyak setidaknya setengah galon sehari untuk benar-benar menangkalnya.

Menghentikan sakit kepala
Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Karenanya, satu gelas air di pagi hari dipercaya bisa membantu mencegah sakit kepala.

Bantu membunuh racun di tubuh
Minum air putih setelah bangun tidur bisa membantu menjaga usus kecil Anda tetap terhidrasi dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Laju pengosongan lambung Anda dipercepat dengan berapa banyak air yang dikonsumsi. Semakin banyak Anda buang air kecil, semakin banyak racun yang keluar. Sesederhana itu.

Bebas bergerak
Ya, segelas air pada perut kosong juga membantu mengatur pencernaan dan memperlancar buang air besar.

Mencegah sakit
Untuk menghindari flu, Anda harus menjaga agar sistem limfatik yakni bagian vital dari sistem kekebalan tubuh tetap terhidrasi. Segelas air di pagi hari akan membantu menangkal kemacetan dan memastikan drainase yang tepat.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Kenali 3 Faktor Penyebab Overthinking

Senin, 3 Januari 2022 | 12:00 WIB

Sampo Campur Kopi Bikin Rambut Halus?

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:10 WIB

Ini Makanan yang Kaya Antioksidan dan Penambah Imunitas

Minggu, 28 November 2021 | 18:00 WIB

Biar Diet Berhasil, Perlu Berhenti Minum Susu Nggak?

Selasa, 9 November 2021 | 11:26 WIB
X