Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan di Malam Hari Ini Bikin Berat Badan Naik

- Selasa, 29 Juni 2021 | 19:03 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Upaya menurunkan berat badan dapat dikacaukan oleh kebiasaan saat dan setelah makan malam yang keliru. Apa saja kebiasaan tersebut?

Seperti dilansir di Times of India, setidaknya ada tujuh kebiasaan saat dan setelah makan malam yang sebaiknya dihindari. Ketujuh kebiasaan ini dapat membuat orang-orang mengalami kenaikan berat badan tanpa disadari. Berikut ini adalah ketujuh kebiasaan tersebut:

1. Makan malam terlalu larut

Makan malam sebaiknya dilakukan di waktu yang tepat untuk menghindari kenaikan berat badan. Orang-orang yang makan malam terlalu larut cenderung menyantap makanan secara berlebihan. Sebaliknya, makan malam yang dilakukan lebih cepat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

2. Tidak mengonsumsi nutrisi yang tepat

Menyantap menu yang tidak seimbang gizi cenderung akan memunculkan rasa ingin makan lebih banyak setelah makan malam. Pastikan menu makan malam mengandung zat gizi seperti protein hingga lemak, serta serat, dalam proporsi yang seimbang.

3. Kurang tidur

Pola tidur yang kacau dan kekurangan tidur merupakan salah satu alasan terjadinya penambahan berat badan. Hindari aktivitas-aktivitas yang memicu kebiasaan tidur terlalu malam, seperti menggunakan ponsel saat sudah berbaring di tempat tidur.

4. Bermalas-malasan setelah makan malam

Tak sedikit orang yang memilih untuk bermalas-malasan setelah makan malam. Hindari kebiasaan ini dan mulai berjalan santai sekitar 20-30 menit setelah makan malam. Jalan kaki santai dapat membantu makanan tercerna dengan lebih baik sekaligus mendukung penurunan berat badan.

5. Memilih gula yang salah

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi cokelat, biskuit, atau makanan bergula dan tak sehat lain setelah makan malam. Memilih camilan yang salah setelah makan malam juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Bila merasa ingin makan setelah makan malam, pilih cemilan yang tinggi protein dan sehat, seperti kacang almond.

6. Ruangan yang panas

Mengatur agar ruangan menjadi lebih dingin turut membantu proses penurunan berat badan. Ketika tubuh merasa kedinginan, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menjaga kehangatan yang dibutuhkan tubuh. Mengatur agar suhu pendingin ruangan cukup rendah dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Begini Tahapan Menggunakan Skincare Pada Malam Hari

Jumat, 24 September 2021 | 13:47 WIB

Ketahui Tipe Masker Wajah Mana yang Cocok Untuk Kulitmu

Kamis, 23 September 2021 | 13:12 WIB

Benarkah Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Kamis, 23 September 2021 | 06:56 WIB

Kenali 3 Penyebab Bau Mulut yang Sering Terjadi

Rabu, 22 September 2021 | 19:16 WIB

Hindari 5 Hal Ini Saat Perut Kosong

Selasa, 21 September 2021 | 08:48 WIB

5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Selasa, 21 September 2021 | 08:35 WIB

Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet Ketat

Minggu, 19 September 2021 | 16:00 WIB

Ikuti Cara Ini Untuk Memanjangkan Rambut

Sabtu, 18 September 2021 | 18:21 WIB

7 Manfaat Minum Teh Lemon Campur Jahe

Jumat, 17 September 2021 | 15:40 WIB

Cara Ampuh Atasi Perut Buncit Menurut dr Zaidul Akbar

Jumat, 17 September 2021 | 11:38 WIB

3 Gejala Kamu Alami Intoleransi Laktosa

Kamis, 16 September 2021 | 11:51 WIB
X