Konsumsi 6 Makanan Ini Jika Kamu Sulit Tertidur dengan Nyenyak!

- Kamis, 10 Juni 2021 | 20:04 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Kualitas tidur dipercaya dapat membantu tubuh bisa bekerja dengan baik. Bahkan, para atlet membutuhkan tidur dengan kualitas yang baik untuk memperlancar proses pemulihan setelah berolahraga. Namun, di saat pandemi seperti ini, banyak orang yang kesulitan tidur.

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita, berikut jenis makanannya, dikutip dari laman runnersworld.

Kacang Polong
Cobalah memakan jenis polong-polongan daripada daging ketika malam hari. Hasil penelitian Journal of Clinical Medicine menunjukan mengonsumsi makanan berserat tinggi membantu kita meraih tahap tidur gelombang lambat, yakni tahapan tidur paling nyenyak yang membantu memulihkan badan dan fungsi otak, termasuk ingatan.

Para peneliti juga menemukan, orang yang kurang mengonsumsi makanan berserat dan memakan banyak lemak jenuh hanya mendapatkan tahapan tidur gelombang lambat yang sedikit. Mungkin saja ini karena terkontrolnya gula darah.

Serat, karena berfungsi sebagai prebiotik, membuat bakteri baik bertumbuh dan memproduksi asam lemak rantai pendek. Asam lemak jenis ini memberikan sinyal pada otak sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

Jus Ceri
Banyak studi yang menemukan bahwa meminum air jus ceri yang asam dapat meningkatkan kualitas tidur dan durasinya. jus berwarna merah ini memang salah satu sumber melatonin terbaik.

Kelenjar pineal akan mulai memproduksi hormon melatonin dan melepaskannya ke dalam darah sehingga tubuh kita dapat menjaga ritme sirkadian yang membuat kita mengantuk. Nah, air ceri yang asam ini dapat meningkatkan produksi melatonin tersebut.

Cara terbaik untuk meminumnya di malam hari adalah dengan mencampur 1 cup jus ceri, 2 sdt bubuk coklat, dan 1/4 sdt kayu manis. Panaskan menggunakan api sedang hingga beruap.

Salmon
Penelitian di Norwegia menemukan bahwa orang yang memakan salmon tiga kali seminggu selama 6 bulan memiliki kualitas tidur yang meningkat. Penelitian lain di Scientific Reports memperlihatkan bahwa anak-anak yang makan ikan paling tidak seminggu sekali tidur lebih baik daripada anak yang jarang atau tidak pernah makan ikan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Kenali 3 Penyebab Bau Mulut yang Sering Terjadi

Rabu, 22 September 2021 | 19:16 WIB

Hindari 5 Hal Ini Saat Perut Kosong

Selasa, 21 September 2021 | 08:48 WIB

5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Selasa, 21 September 2021 | 08:35 WIB

Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet Ketat

Minggu, 19 September 2021 | 16:00 WIB

Ikuti Cara Ini Untuk Memanjangkan Rambut

Sabtu, 18 September 2021 | 18:21 WIB

7 Manfaat Minum Teh Lemon Campur Jahe

Jumat, 17 September 2021 | 15:40 WIB

Cara Ampuh Atasi Perut Buncit Menurut dr Zaidul Akbar

Jumat, 17 September 2021 | 11:38 WIB

3 Gejala Kamu Alami Intoleransi Laktosa

Kamis, 16 September 2021 | 11:51 WIB

Ini Manfaat Konsumsi Cabai Hijau untuk Kesehatan

Rabu, 15 September 2021 | 17:59 WIB

Ketahui Efek Baik dan Buruk Konsumsi Yoghurt

Rabu, 15 September 2021 | 16:35 WIB
X