5 Alat Kesehatan yang Harus Kamu Miliki di Rumah

- Senin, 23 November 2020 | 07:10 WIB
Ilustrasi. (Pixabay)
Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Seringkali terabaikan, padahal memiliki alat kesehatan sangat berguna untuk memonitor kesehatan tubuh. Setiap orang tentu berupaya menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Tapi ada masanya diri kita lengah untuk selalu memastikan tubuh kita sehat. Atau faktor eksternal lain yang memicu munculnya tanda-tanda penyakit.

Karena itulah penting bagi kita menyediakan alat kesehatan, agar Anda bisa memantau sendiri terlebih dahulu sebelum Anda pergi ke dokter. Hasil tes dan monitoring sendiri ini bisa Anda sampaikan ke dokter saat pergi berkonsultasi. Untuk mendapatkannya tidaklah sulit Anda bisa membelinya di toko kesehatan bahkan bisa dilakukan secara online. Setidaknya 5 alat kesehatan ini harus Anda miliki di rumah. Bisa digunakan oleh Anda sendiri dan seluruh anggota keluarga:

Kotak P3K

Kotak P3K lengkap dengan obat luka dan berbagai jenis obat darurat lainnya, mesti Anda miliki. Menyimpan segala jenis obat darurat dalam satu kotak memudahkan Anda mengambil obat yang dibutuhkan saat keadan emergency. Biasanya dalam kotak P3K terdapat obat luka seperi cairan anti septik, kapas, kassa, perban, plester, dan gunting untuk mempermudah menggunting perban. Lalu biasanya disimpan juga obat-obatan lain seperti obat luka bakar, garam oralit, obat alergi dan lain sebagainya. Simpan kotak P3K di tempat yang mudah untuk ditemukan tapi harus jauh dari jangkauan anak-anak, karena berbahaya jika dimainkan.

AYO BACA : Fasilitas Jak Wifi Juga Dimanfaatkan Warga Berjualan Daring

Termometer

Termometer adalah alat kesehatan yang penting terutama pada musim hujan. Karena pada musim penghujan setiap orang rentan terkena virus demam. Mengecek suhu tubuh membuat Anda tahu bagaimana kondisi tubuh Anda, sebelum memeriksakan diri ke dokter, jika mengalami demam yang tinggi dan gejala sakit lainnya. Tapi jika demamnya tidak begitu tinggi misalnya Anda terserang flu batuk atau merasa lelah, Anda jadi tahu kapan harus beristirahat. Terlebih bagi Anda yang memiliki anak, termometer ini alat kesehatan yang wajib Anda miliki. Karena deman pada anak seringkali datang secara tiba-tiba.

Timbangan berat badan

Timbangan berat badan berfungsi untuk mengecek berat badan Anda secara berkala, apakah naik atau turun. Tapi bukan hanya diperlukan bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Justru semua orang perlu memiliki timbangan berat badan. Dengan begitu anda bisa memonitor berat badan dan bisa memberi tahu Anda apakah asupan makanan perlu Anda kurangi atau tambah. Selain timbangan berat badan, sebenarnya ada satu alat lagi yang juga membantu Anda mengecek penumpukan lemak pada tubuh. Yaitu alat ukur pinggang, untuk mencari tahu ukuran lingkar pinggang dan bagaian tubuh lainnya.

Halaman:

Editor: Editor

Tags

Terkini

Ketahui Tipe Masker Wajah Mana yang Cocok Untuk Kulitmu

Kamis, 23 September 2021 | 13:12 WIB

Benarkah Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

Kamis, 23 September 2021 | 06:56 WIB

Kenali 3 Penyebab Bau Mulut yang Sering Terjadi

Rabu, 22 September 2021 | 19:16 WIB

Hindari 5 Hal Ini Saat Perut Kosong

Selasa, 21 September 2021 | 08:48 WIB

5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Selasa, 21 September 2021 | 08:35 WIB

Penyebab Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet Ketat

Minggu, 19 September 2021 | 16:00 WIB

Ikuti Cara Ini Untuk Memanjangkan Rambut

Sabtu, 18 September 2021 | 18:21 WIB

7 Manfaat Minum Teh Lemon Campur Jahe

Jumat, 17 September 2021 | 15:40 WIB

Cara Ampuh Atasi Perut Buncit Menurut dr Zaidul Akbar

Jumat, 17 September 2021 | 11:38 WIB

3 Gejala Kamu Alami Intoleransi Laktosa

Kamis, 16 September 2021 | 11:51 WIB
X