Cek! Cara dan Syarat Dapat Bantuan Uang Kuliah Tunggal dari Kemendikbud

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:03 WIB
Ilustrasi / dok. Pixabay
Ilustrasi / dok. Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelontorkan dana senilai Rp 745 miliar untuk kelanjutan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa. Bantuan tersebut akan dicairkan mulai September 2021.

Bantuan UKT tersebut akan disalurkan untuk mahasiswa yang terdampak Covid-19. Adapun, bantuan UKT yang dibrikan sesuai dengan besaran UKT (at cost) dengan batas maksimal Rp 2,4 juta.

Jika UKT lebih besar dari Rp 2,4 juta, selisihnya menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai dengan kondisi mahasiswa. 

"Bantuan UKT menyasar kepada mahasiswa yang aktif kuliah, bukan penerima KIP Kuliah/ Bidikmisi, serta kondisi keuangannya memerlukan bantuan UKT pada semester ganjil tahun 2021,” jelas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim dalam konferensi persnya, Kamis 5 Agustus 2021.

Lantas, bagaimana cara bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan UKT? 

Bagi mahasiswa yang memerlukan bantuan UKT diharapkan segera mendaftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi untuk diajukan sebagai penerima bantuan ke Kemendikbudristek. Nantinya, bantuan UKT akan disalurkan Kemendikbudristek langsung ke perguruan tinggi masing-masing. 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Diduga Tabrak Gunung

Rabu, 15 September 2021 | 11:18 WIB

Kartu Prakerja Gelombang 21 Bakal Dibuka, tapi Kapan?

Rabu, 15 September 2021 | 11:09 WIB
X