Gandeng AS, Indonesia Lirik Pengembangan Teknologi Vaksin Berbasis mRNA

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 13:55 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 / dok. Pixabay
Ilustrasi vaksin Covid-19 / dok. Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA – Vaksin berteknologi mRNA masih menjadi buah bibir di tengah proses vaksinasi Covid-19 di dunia. Hal ini dikarenakan vaksin yang menggunakan teknologi mRNA dianggap mempunyai tingkat efikasi yang tinggi dalam melawan Covid-19 dan variannya.

Namun, tidak semua negara mempunyai kemampuan dan kapasitas untuk memproduksi vaksin dengan teknologi mRNA. Salah satu negara terbesar sekaligus produsen vaksin mRNA adalah Amerika Serikat (AS).

Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi dalam kunjungannya ke AS minggu ini mengatakan bahwa Indonesia dan AS telah membahas adanya kerjasama agar Indonesia mampu memproduksi vaksin dengan teknologi mRNA.

“Indonesia mengharapkan dukungan AS untuk dapat membangun kapasitas Indonesia dalam membuat vaksin teknologi terkini yang berbasis mRNA dan obat terupatik penyakit menular,” ujar Retno dalam pernyataan persnya, Rabu 4 Agustus 2021.

Retno bertemu dengan perwakilan dari beberapa industri farmasi dan kesehatan AS, diantara Eli Lilly (perusahaan obat-obatan), Arcturus (perusahaan farmasi bergerak dalam pembuatan vaksin mRNA), dan Baylor College of Medicine (pusat riset pembuatan vaksin protein rekombinan).

Retno menjelaskan, hasil pertemuan dengan Eli Lilly, perusahaan tersebut memberikan dukungan obat-obatan untuk Covid-19 sebesar US 51,6 juta. Dalam pertemuan dengan perusahaan pengembang vaksin, kata dia, dibahas kemungkinan kolaborasi pengembangan vaksin berbasis mRNA di Indonesia, agar Indonesia memiliki kemampuan pengembangan vaksin berbasis teknologi terbaru.

Sejauh ini, Indonesia telah mengantongi sebanyak 8.000.160 dosis vaksin dengan teknologi mRNA. Vaksin tersebut bermerk Moderna, dimana sebagian akan digunakan untuk dosis ketiga sebagai booster para tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Vaksin Moderna yang didapatkan Indonesia merupakan hasil kerjasama dose-sharing dengan AS melalui Covax Facility. Untuk itu, Retno sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah AS atas dukungannya kepada Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19. 

 

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Virus Corona Tak Akan Hilang, Begini Pesan Dokter Reisa

Selasa, 28 September 2021 | 11:59 WIB

Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Selasa, 28 September 2021 | 09:19 WIB

Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Selasa, 28 September 2021 | 08:26 WIB

Menkes Sebut PTM Bakal Ditiadakan Jika Terjadi Hal Ini

Selasa, 28 September 2021 | 06:55 WIB

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB
X