Daftar Penerima Bansos Ada di Situs Ini, Cek Nama Kamu Ada Nggak?

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 06:36 WIB
Ilustrasi / dok. Pixabay
Ilustrasi / dok. Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Bagi kamu yang masih bingung, apakah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah atau tidak, bisa dicek di bawah ini. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 9 Agustus 2021.

Jokowi menegaskan, seiring dengan diperpanjangnya PPKM itu pemerintah juga tetap melanjutkan program-program yang mengurangi beban masyarakat. Seperti bantuan sosial tunai, BLT desa, hingga bantuan untuk pelaku usaha mikro seperti warung sudah disalurkan.

"Bantuan untuk usaha mikro kecil, PKL dan warung, bantuan subsidi upah sudah mulai berjalan dan program banpres produktif usaha mikro mulai diluncurkan pada 30 Juli yang lalu," ujarnya dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden RI, Senin 2 Agustus 2021.

Di hari yang sama setelah Jokowi megumumkan perpanjangan PPKM, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan realisasi dukungan UMKM dan korporasi mencapai Rp52,43 triliun dari pagu Rp162,4 triliun, realisasi klaster prioritas mencapai Rp47 triliun dari pagu Rp117,94 triliun, dan realisasi insentif usaha mencapai Rp43,35 dari pagu Rp62,83 triliun.

"Untuk mengurangi beban masyarakat pemerintah mendorong percepatan penyaluran sosial. Bantuan UMK dan PKL warung sedang difinalisasi dan diharapkan bisa langsung dijalankan melalui TNI dan Polri," kata Airlangga di YouTube Kemenko Marves RI.

Selain itu, lanjut Airlangga, dana dari Program Keluarga Harapan (PKH) sudah terealisasi sebanyak Rp5,15 triliun untuk 7,44 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga Juli 2021. Lalu, realisasi Kartu Sembako yang mencapai Rp9,4 triliun untuk 15,67 juta KPM serta BLT desa terealisasi Rp1,48 triliun untuk 2,18 juta KPM.

Bansos akan terus tersalurkan selama masa PPKM diperpanjang, untuk cek penerima bansos bisa lewat link resmi pemerintah berikut:

1. cekbansos.kemensos.go.id untuk daftar data penerima PKH, BPNT, BST

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X