Ibu Hamil Boleh Divaksin Covid-19, Pakai Sinovac atau Astrazeneca?

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 06:58 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 / dok. Pixabay
Ilustrasi vaksin Covid-19 / dok. Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa program vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil telah bisa dilakukan mulai Selasa (2/8/2021).

Keputusan itu diambil lantaran makin banyak kasus positif Covid-19 yang menimpa ibu hamil dan mengalami keadaan berat.

Menurut Kemenkes, ibu hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada perempuan dengan kondisi medis tertentu.

"Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 dan tingginya risiko bagi ibu hamil apabila terinfeksi Covid-19 menjadi berat dan berdampak pada kehamilan dan bayinya, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil," demikian tertulis dalam surat edaran Kemenkes tanggal 2 Agustus 2021, yang ditandatangani oleh Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein.

Upaya pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil itu juga berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Vaksinasi telah dimulai sejak 2 Agustus 2021. Kemenkes meminta agar Pemerintah daerah memberikan vaksinasi mengutamakan ibu hamil di daerah risiko tinggi paparan virus.

Kemenkes menyediakan vaksin Covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai ketersediaan.

"Pemberian dosis pertama vaksinasi Covid-19 tersebut dimulai pada trimester kedua kehamilan dan untuk pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin," jelas Kemenkes.

Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil harus dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dengan menggunakan format skrining pada kartu kendali khusus untuk ibu hamil.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Cek! Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Harus Antre

Minggu, 19 September 2021 | 09:37 WIB

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X