BSU atau BLT Kemnaker via BPJS Ketenagakerjaan Agustus 2021: Kapan Cair? Cara Daftar & Cek Penerima di Sini

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 05:30 WIB
BSU atau BLT Kemnaker via BPJS Ketenagakerjaan Agustus 2021: Kapan Cair? Cara Daftar & Cek Penerima di Sini (ilustrasi)/pixabay
BSU atau BLT Kemnaker via BPJS Ketenagakerjaan Agustus 2021: Kapan Cair? Cara Daftar & Cek Penerima di Sini (ilustrasi)/pixabay

TEBET, AYOJAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memverifikasi sekitar 8,73 juta data calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) berupa bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp1 juta untuk dua bulan; Juli dan Agustus 2021, dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sampai pekan lalu, Kemnaker sudah menerima 1 juta data calon penerima BSU atau BLT untuk para pekerja dan buruh yang terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Pemerintah menyiapkan Rp8,8 triliun untuk bantuan periode Juli dan Agustus, masing-masing Rp500 ribu yang dibayarkan sekaligus.

"Nantinya data 1 juta calon penerima BSU tersebut akan dicek dan di-screening oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk memastikan kesesuaian format data, dan menghindari duplikasi data," ujar Menaker Ida seperti dilansir laman resmi Kemnaker, www.kemnaker.go.id, pekan lalu.

Menaker Ida meminta kepada seluruh perusahaan yang belum menyerahkan data rekening pekerjanya agar segera menyerahkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Begitu pula para pekerja/buruh yang memenuhi syarat, tapi belum menyerahkan data nomor rekening bank-nya ke perusahaan agar segera menyerahkan ke perusahaan guna memperlancar proses pemberian BLT atau BSU Juli dan Agustus 2021.

"Saya mengimbau kepada seluruh perusahaan dan pekerja/buruh di seluruh Indonesia yang belum mendaftar di program BPJS Ketenagakerjaan, segera daftarkan diri kita dan pekerja/buruh kita pada program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian kita semua dapat terlindungi, terutama di masa-masa sulit seperti saat ini," ucapnya.

Menurut Menaker, bantuan kali ini diutamakan untuk pekerja yang bekerja pada sektor industri barang komsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan. Bantuan juga diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau progam bantuan produktif usaha mikro.

Cara Cek Penerima

Untuk mengetahui penerima BLT atau BSU untuk pekerja dan buruh via BPJS Ketenagakerjaan simak langkah-langkah sebagai berikut:

1. Silakan login sso.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan username dan password yang telah dimiliki;

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Diduga Tabrak Gunung

Rabu, 15 September 2021 | 11:18 WIB

Kartu Prakerja Gelombang 21 Bakal Dibuka, tapi Kapan?

Rabu, 15 September 2021 | 11:09 WIB
X