7 Bantuan pada Juli dan Agustus: BST atau BLT Pekerja, BSU, Diskon Listrik, Kuota Internet, BPUM, Kartu Prakerja, & Bansos Sembako

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 17:07 WIB
7 Bantuan pada Juli dan Agustus: BST atau BLT Pekerja, BSU, Diskon Listrik, Kuota Internet, BPUM, Kartu Prakerja, & Bansos Sembako (ilustrasi)/ayobandung
7 Bantuan pada Juli dan Agustus: BST atau BLT Pekerja, BSU, Diskon Listrik, Kuota Internet, BPUM, Kartu Prakerja, & Bansos Sembako (ilustrasi)/ayobandung

TEBET, AYOJAKARTA – Pemerintah menyiapkan 7 bantuan untuk masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yakni Program Kartu Prakerja gelombang 18, bantuan sosial tunai (BST), bantuan sosial nontunai atau disebut Bansos Sembako.

Selanjutnya, selama Juli dan Agustus 2021, pemerintah merilis program BSU atau BLT pekerja dan buruh, bansos produktif usaha mikro (BPUM) untuk UMKM, diskon tarif listrik, dan kuota Internet.

Berikut ini rincian dari 7 bantuan yang disalurkan pemerintah:

1. BLT atau BSU Pekerja dan Buruh

Kementerian Ketenagakerjaan menerima data calon penerima bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah (BSU) bagi pekerja/buruh dari BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Jumat (30 Juli 2021). Prosesi serah terima data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) ini sebagai tanda dimulainya program BSU untuk Juli dan Agustus tahun 2021.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyatakan bahwa pada hari ini pihaknya menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1 juta calon penerima BSU atau BLT dari 8,73 juta pekerja/buruh yang diproyeksikan akan menerima bantuan untuk Juli dan Agustus. Untuk jumlah calon penerima tersebut, Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp8,8 Triliun.

"Nantinya data 1 juta calon penerima BSU tersebut akan dicek dan di-screening oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk memastikan kesesuaian format data, dan menghindari duplikasi data," ujar Menaker Ida seperti dilansir laman resmi Kemnaker, www.kemnaker.go.id.

Terkait dengan mekanisme penyalurannya, BSU disalurkan langsung ke rekening bank penerima bantuan. Para penerima BSU yang memiliki mobile banking langsung dapat cek di gadget-nya, atau bisa langsung cek ke ATM dan ke kantor cabang Bank Penyalur dengan tetap menjaga protokol Kesehatan.

Bank Penyalur BSU adalah Bank Milik Negara yang terhimpun dalam Himbara yaitu Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN. Khusus untuk penyaluran dana bantuan kepada pekerja/buruh penerima bantuan di Provinsi Aceh, menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Selasa, 28 September 2021 | 09:19 WIB

Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Selasa, 28 September 2021 | 08:26 WIB

Menkes Sebut PTM Bakal Ditiadakan Jika Terjadi Hal Ini

Selasa, 28 September 2021 | 06:55 WIB

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB
X