Termasuk untuk Wartawan, Ini Makna Pendidikan Kewirausahaan

- Jumat, 30 Juli 2021 | 11:31 WIB
Toronata Tambun, Direktur dan Pendiri Aren Energy Investment saat menjadi pembicara secara daring di Fellowship Jurnalisme Pendidikan yang digelar Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan dan PT Paragon Innovation and Technology, Rabu 27 Juli 2021.
Toronata Tambun, Direktur dan Pendiri Aren Energy Investment saat menjadi pembicara secara daring di Fellowship Jurnalisme Pendidikan yang digelar Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan dan PT Paragon Innovation and Technology, Rabu 27 Juli 2021.

TEBET, AYOJAKARTA – Banyak orang yang menganggap bahwa penciptaan seorang pengusaha itu mudah. Semangat kewirausahaan seolah satu-satunya modal untuk menjadi pengusaha sukses.

Setidaknya hal itu yang dikatakan oleh Toronata Tambun, Direktur dan Pendiri Aren Energy Investment yang berkedudukan di Singapura.  Dia menegaskan, konsep penciptaan pengusaha yang seperti itu harus direvisi.

“Tidak bisa hanya bermodalkan semangat. Disiplin harus lebih hebat daripada orang normal. Tidak ada jalan pintas menuju dunia kewirausahaan,” tegas Toro saat menjadi pembicara secara daring di Fellowship Jurnalisme Pendidikan yang digelar Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan dan PT Paragon Innovation and Technology, Rabu 27 Juli 2021.

Hal-hal lain yang umumnya masih dianggap salah menurut Toro soal penciptaan pengusaha, yaitu cara pemerintah mendorong masyarakat yang ingin terjun menjadi pengusaha.

“Ada pejabat yang bilang jadi pengusaha cukup undang tukang bakso, lalu dia kasih motivasi nanti murid-muridnya jadi pengusaha. Itu salah satu bentuk krisis pendidikan kewirausahaan,” katanya.

Penciptaan Pendidikan Kewirausahaan Sesuai Potensi Khas Daerah

Toro menegaskan bahwa tidak semua orang memiliki atau akan menjadi pengusaha. Namun, seorang pengusaha dapat tercipta lewat pendidikan.

Hal lainnya yang menjadi keistimewaan untuk menjadi seorang pengusaha, kata dia, yaitu ketika seseorang terlahir di lingkungan keluarga yang sudah menjadi pengusaha, sebagai contoh pedagang misalnya.

Dalam menciptakan seorang pengusaha lewat dunia pendidikan kewirausahaan, Toro mengatakan bahwa pendidikan tersebut harus disesuaikan dengan potensi di masing-masing daerah di Indonesia.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Selasa, 28 September 2021 | 09:19 WIB

Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Selasa, 28 September 2021 | 08:26 WIB

Menkes Sebut PTM Bakal Ditiadakan Jika Terjadi Hal Ini

Selasa, 28 September 2021 | 06:55 WIB

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB
X