BLT atau BSU Pekerja via BPJS Ketenagakerjaan: Rp1 Juta untuk Juli dan Agustus, Cek Penerima di Sini

- Kamis, 29 Juli 2021 | 07:00 WIB
BLT atau BSU Pekerja via BPJS Ketenagakerjaan: Rp1 Juta untuk Juli dan Agustus, Cek Penerima di Sini (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi
BLT atau BSU Pekerja via BPJS Ketenagakerjaan: Rp1 Juta untuk Juli dan Agustus, Cek Penerima di Sini (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah menyiapkan proses penyaluran bantuan subsidi upah atau gaji untuk pekerja dan buruh periode Juli dan Agustus 2021. Bantuan langsung tunai (BLT) akan disalurkan langsung untuk dua bulan senilai Rp1 juta.

BLT atau BSU pekerja dan buruh itu masing-masing Rp500 ribu per bulan akan disalurkan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, sekarang disebut BP Jamsostek. Bantuan tersebut merupakan bagian dari perlindungan sosial yang disiapkan pemerintah selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiataan Masyarakat (PPKM) level 4.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, kementeriannya sedang dalam proses penyusunan Peraturan Menaker untuk pelaksanaan BSU atau BLT untuk pekerja dan buruh, serta terus mematangkan koordinasi dengan semua pihak terkait.

"Pemberian BSU diharapkan juga mampu meningkatkan daya beli dan menjaga tingkat kesejahteraan pekerja dan buruh," katanya seperti dilansir laman resmi Kemnaker, www.kemnaker.go.id, Sabtu 24 Juli 2021.

Keterangan senada tentang penyaluran BSU atau BLT untuk pekerja dan buruh juga dilansir laman resmi Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.id.

“Salah satu program program perlinsos (perlindungan sosial) terbaru yang akan segara diterapkan adalah bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp500 ribu selama dua bulan yang akan diberikan sekaligus,” tulis Kemenkeu dilaman resminya.

Kriteria penerima BLT atau BSU untuk para pekerja dan buruh adalah WNI, terdaftar di Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) pada BPJS Ketenagakerjaan, memiliki upah terakhir di bawah Rp3,5 Juta pada sektor yang paling terdampak, dan berada pada wilayah PPKM level 4.

Kriteria & Syarat Penerima

Adapun, kriteria kerja/buruh   yang mendapat BSU adalah: warga   Negara Indonesia (WNI); pekerja atau buruh penerima Upah; terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Selasa, 28 September 2021 | 09:19 WIB

Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Selasa, 28 September 2021 | 08:26 WIB

Menkes Sebut PTM Bakal Ditiadakan Jika Terjadi Hal Ini

Selasa, 28 September 2021 | 06:55 WIB

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB
X