BLT atau BSU Pekerja via BPJS Ketenagakerjaan: Setiap Bulan Rp500 Ribu

- Selasa, 27 Juli 2021 | 11:22 WIB
BLT atau BSU Pekerja via BPJS Ketenagakerjaan: Setiap Bulan Rp500 Ribu (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi
BLT atau BSU Pekerja via BPJS Ketenagakerjaan: Setiap Bulan Rp500 Ribu (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA – Pemerintah sudah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan susbsidi upah/gaji kepada pekerja atau buruh senilai Rp500 ribu yang dibayarkan dua bulan sekaligus via BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut rencana, seperti dilansir laman resmi Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.i, BLT atau BSU untuk para pekerja dan buruh akan disalurkan untuik periode Juli dan Agustus.

“Salah satu program program perlinsos (perlindungan sosial) terbaru yang akan segara diterapkan adalah bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp500 ribu selama dua bulan yang akan diberikan sekaligus,” tulis Kemenkeu dilaman resminya.

Kriteria penerima BLT atau BSU untuk para pekerja dan buruh adalah WNI, terdaftar di Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) pada BPJS Ketenagakerjaan, memiliki upah terakhir di bawah Rp3,5 Juta pada sektor yang paling terdampak, dan berada pada wilayah PPKM level 4.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan bahwa kebijakan BSU atau BLT untuk pekerja dan buruh dikeluarkan untuk mencegah pengusaha memutuskan hubungan kerja dengan pekerjanya, serta membantu pekerja yang dirumahkan.

“Pemberian BSU diharapkan mampu meningkatkan daya beli dan menjaga tingkat kesejahteraan pekerja/buruh. Adanya BSU juga diharapkan mampu membantu meringankan beban pengusaha untuk dapat mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19," kata Menaker Ida melalui siaran pers Biro Humas Kemenaker, Rabu (21 Juli 2021).

Meski begitu, belum ada informasi resmi tentang kapan BLT atau BSU untuk pekerja dan buruh itu akan mulai disalurkan. Nantinya, BSU akan diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) yang menetapkan Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Upah/Upah Bagi Pekerja Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease (COVID-19) dan PPKM Tahun 2021.

Kriteria & Syarat Penerima

Adapun, kriteria kerja/buruh   yang mendapat BSU adalah: warga   Negara Indonesia (WNI); pekerja atau buruh penerima Upah; terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Virus Corona Tak Akan Hilang, Begini Pesan Dokter Reisa

Selasa, 28 September 2021 | 11:59 WIB

Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Selasa, 28 September 2021 | 09:19 WIB

Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Selasa, 28 September 2021 | 08:26 WIB

Menkes Sebut PTM Bakal Ditiadakan Jika Terjadi Hal Ini

Selasa, 28 September 2021 | 06:55 WIB

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB
X