Akses Vaksinasi Sulit karena Kartu Identitas Hilang, E-KTP Jadi Trending Topic

- Jumat, 23 Juli 2021 | 15:52 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 / Pixabay
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) menjadi trending topic di Twitter. Hal itu terjadi usai seorang warganet menceritakan sulitnya akses vaksinasi karena terbentur masalah kartu identitas yang hilang.

Akun Twitter @SoeTjenMarching menceritakan, seorang Asisten Rumah Tangga (ART) yang bekerja di tempat kakaknya meninggal usai terpapar Covid-19.

Padahal, ART tersebut sudah mendaftarkan diri untuk program vaksinasi sebelumnya. Namun, ditolak oleh petugas vaksinasi karena tidak membawa e-KTP terbaru.

Walau sudah dijelaskan e-KTP yang baru hilang dan hanya memiliki yang lama, petugas vaksinasi tersebut tetap menolak karena ART itu tidak memenuhi persyaratan.

Cuitan akun @SoeTjenMarching itu pun banyak dikomentari oleh para warganet yang ikut menceritakan pengalamannya mengenai sulitnya mengakses program vaksinasi karena masalah e-KTP.

Perbincangan semakin ramai usai Komika Tretan Muslim mengunggah komentar seorang warganet dengan akun @amirawulan yang menceritakan pengalaman membawa keluarganya yang sudah lanjut usia (usia) untuk program vaksinasi, namun ditolak karena tidak membawa fotokopi e-KTP.

Padahal, dia sudah menjelaskan kepada petugas vaksinasi bahwa dirinya dan keluarganya hanya membawa e-KTP asli dan sudah menunggu tiga jam antrian. Namun, petugas vaksinasi itu tetap menolak dengan alasan tidak memenuhi persyaratan, yaitu tidak membawa fotokopi e-KTP.

Hal tersebut menjadi sorotan Tretan Muslim yang mengaku sangat geram dengan permasalahan birokrasi yang kerap mempersulit akses masyarakat, apalagi di saat kondisi darurat akibat pandemi Covid-19.

"Baca reply banyak yg gabisa vaksin krn ga bawa fotocopy KTP, maksudnya ini kan pandemi, darurat, bahaya, DARURAT, DARURATTT WOYYYY," tulis Tretan, dikutip Ayojakarta dari akun Twitter @TretanMuslim, Jumat 23 Juli 2021.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Mudah, Begini Cara Cek NIK KTP Secara Online

Selasa, 28 September 2021 | 09:19 WIB

Kematian Anak Akibat Covid-19 Tinggi

Selasa, 28 September 2021 | 08:26 WIB

Menkes Sebut PTM Bakal Ditiadakan Jika Terjadi Hal Ini

Selasa, 28 September 2021 | 06:55 WIB

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB
X