Polda Metro Jaya Tangkap 3 Pelaku Penipu Penjualan Tabung Oksigen di Media Sosial

- Sabtu, 10 Juli 2021 | 13:06 WIB
Ilustrasi oksigen / Pixabay
Ilustrasi oksigen / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA -- Polda Metro Jaya menangkap pelaku penipuan penjualan tabung oksigen. Dalam aksinya, 3 tersangka berinisial ATKG, SA, dan AS melancarkan aksinya melalui media sosial. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, para tersangka mempromosikan seolah-olah menjual tabung oksigen. 

"Tiga pelaku setelah kita profiling dia ternyata ada di daerah Sulawesi Selatan," ujarnya, Sabtu 10 Juli 2021. 

Menurut Yusri, para pelaku memanfaatkan situasi kelangkaan tabung oksigen di tengah kasus pandemi Covid-19. Banyak warga yang menjadi korban lantaran tertipu aksi para pelaku. 

Modusnya, calon pembeli diminta mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu kepada pelaku. Namun ketika uang telah dikirim, pelaku tidak mengirimkan tabung gas oksigen kepada calon pembeli.

"Tiga tersangka memanfaatkan momen ini dengan mencari keuntungan dengan menawarkan tabung gas oksigen melalui media sosial. Uang sudah ditransfer tapi barangnya tidak ada," katanya. 

Dalam melakukan aksinya, para pelaku memiliki peran yang berbeda. Pelaku ATKG berperan sebagai pemilik akun media sosial yang menawarkan tabung gas oksigen. Kemudian, SA dan AS berperan sebagai pemilik nomor rekening yang akan digunakan sebagai tempat menampung uang dari calon pembeli yang tertipu.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis, mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor ke polisi jika pernah menjadi korban penipuan serupa. 

"Kalau ada yang mengetahui di tempat mana melakukan penimbunan, baik itu tabung oksigen maupun obat-obatan itu juga laporkan ke kami, akan kami tindak," katanya.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Diduga Tabrak Gunung

Rabu, 15 September 2021 | 11:18 WIB

Kartu Prakerja Gelombang 21 Bakal Dibuka, tapi Kapan?

Rabu, 15 September 2021 | 11:09 WIB
X