Viral di TikTok, Begini Tips Kerjakan Skripsi di Masa Pandemi dari Wakil Rektor Unnes

- Rabu, 7 Juli 2021 | 10:19 WIB
Talkshow Komunitas SEVIMA bersama Wakil Rektor UNNES yang Viral di Tiktok / Komunitas SEVIMA
Talkshow Komunitas SEVIMA bersama Wakil Rektor UNNES yang Viral di Tiktok / Komunitas SEVIMA

TEBET, AYOJAKARTA – Skripsi tidak saja menjadi syarat kelulusan dalam perguruan tinggi, namun seringkali juga menjadi momok menakutkan bagi sebagian mahasiswa. Baru-baru ini, pengguna media sosial TikTok dihebohkan dengan video yang mengandung kebaikan hati seorang dosen dalam membimbing skripsi anak didiknya.

Video tersebut dibuat oleh akun @hendi.motivasi yang merupakan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Negeri Semarang (UNNES), Hendi Pratama. Berdasarkan pantauan Ayojakarta, akun TikTok milik Hendi berisi konten-konten yang cukup edukatif, mulai dari soal skripsi hingga tips agar score TOEFL yang tinggi.

Dalam konten yang berisi tentang skripsi, Hendi mengatakan video-video itu dibuat seiring dengan kegelisahan bimbingan skripsi yang selama ini terjadi antara dosen dan mahasiswa. Terlebih di masa pandemi, dimana dosen dan mahasiswa tidak bisa bertemu secara fisik.

Melalui video tersebut, dia ingin mengatakan bahwa dosen bisa membantu mahasiswa untuk bisa mengerjakan skripsi dengan cepat. Sehingga, diharapkan akan menciptakan sebuah kolaborasi yang proaktif antara dosen dengan mahasiswa.

“Padahal orang Inggris bilang, it takes two to tango (berdansa harus dua orang). Begitu Pula skripsi. Melalui video yang viral ini, saya ingin menyampaikan bahwa skripsi harusnya menjadi ruang kolaborasi, dosen dan mahasiswa sama-sama proaktif. Semoga pesan ini sampai kepada para pemirsa Tiktok yang kebanyakan juga para mahasiswa milenial,” ungkap Hendi yang juga dosen Bahasa Inggris, dalam Talkshow Komunitas SEVIMA, Selasa 6 Juli 2021.

Berangkat dari video Tiktok viral tersebut, inilah tips sukses bagi mahasiswa untuk mengerjakan skripsi di masa pandemi, ala Wakil Rektor IV UNNES:

1. Pahami Bahwa Skripsi adalah Miniatur Kehidupan

Mengalami sebuah kesulitan merupakan suatu hal yang wajar. Melalui skripsi inilah, kata dia, mahasiswa bisa belajar tentang makna sebuah kehidupan tersebut. Jadi kesulitan dan tantangan yang dialami mahasiswa saat skripsi, nantinya juga akan dialami di kehidupan.

Hendi memberi contoh misalnya ketika mahasiswa mendapat dosen pembimbing killer. Mahasiswa dapat mengambil hikmah bahwa ketika masuk di dunia kerja, bisa saja mendapatkan atasan yang juga killer.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Cek! Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Harus Antre

Minggu, 19 September 2021 | 09:37 WIB

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X