Bantuan yang Mungkin Cair di Juni 2021: Kartu Prakerja, BLT UMKM, Bansos Sembako, BST, PKH, Subsidi Listrik & KJP Plus

- Rabu, 9 Juni 2021 | 16:11 WIB
Bantuan yang Mungkin Cair di Juni 2021: Kartu Prakerja, BLT UMKM, Bansos Sembako, BST, PKH, Subsidi Listrik & KJP Plus (ilustrasi)/republika.co.id
Bantuan yang Mungkin Cair di Juni 2021: Kartu Prakerja, BLT UMKM, Bansos Sembako, BST, PKH, Subsidi Listrik & KJP Plus (ilustrasi)/republika.co.id

TEBET, AYOJAKARTA– Pemerintah dikabarkan akan mengucurkan bantaun pada Juni 2021. Mulai dari Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM, Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, bantuan sosial tunai (BST), Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan (PKH), sampai dengan subsidi listrik.

Bantuan yang akan cair pada Juni 2021 tersebut disalurkan pemerintah melalui beberapa kementerian. BPUM atau bantuan langsung tunai usaha mikro kecil menengah (BLT UMKM) dikucurkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, lalu BST dan PKH oleh Kementerian Sosial.

Bantuan lainnya adalah bantuan sosial nontunai (BSNT) atau lebih dikenal dengan bansos sembako dan juga bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp300 ribu. Khusus di DKI Jakarta, bantuan KJP Plus disalurkan oleh Pemprov DKI melalui Bank DKI.

Berikut ini beberapa bantuan yang akan cair pada Juni 2021 yang dirangkum Ayojakarta, jaringan Ayo Media Network:

1. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menjanjikan bahwa bantuan sosial tunai atau BST periode Juni 2021 akan dikucurkan. Namun, sampai saat ini belum ada keterangan resmi kapan bantuan tersebut akan cair.

Perihal BST periode Juni 2021 akan dikucurkan pemerintah juga sempat diungkapkan oleh petinggi di Kementerian Keuangan. Awalnya, program bantuan sosial tunai senilai Rp300 ribu dirancang hanya sampai April 2021.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Kementerian Sosial dan Kemenkeu tentang kapan pencairan BST periode Juni 2021 akan diluncurkan. 

Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Fahrudin mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kapan BST Rp300 ribu untuk periode Juni cair. "Jujur, kami belum mendapatkan informasi kapan BST Rp300 ribu ini bakal cair," kata Fahrudin kepada Ayobogor, jaringan Ayo Media Network, Selasa 8 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X