Kartu Prakerja: Program Diperpanjang hingga Semester II 2021, Pendaftaran Hanya Dibuka di Situs Ini!

- Senin, 7 Juni 2021 | 15:55 WIB
Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

TEBET, AYOJAKARTA -- Pemerintah memastikan Program Kartu Prakerja akan berlanjut pada semester kedua tahun ini. Seperti sebelumnya pendaftaran program kartu prakerja hanya dilakukan di situs www.prakerja.go.id. Namun belum dipastikan kapan program kartu prakerja semester 2 tahun 2021 akan dibuka.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja masih menunggu arahan dan kepastian dari pemerintah. 

"Tahun ini peserta program Kartu Prakerja kira-kira 8,2 juta dan ini sudah jalan semester satu 2,7 juta dan ini akan dilanjutkan pada semester kedua," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip Youtube Kemenko Perekonomian, Jumat (4/6).

Dia melanjutkan saat ini program Kartu Prakerja berhasil melahirkan para wirausaha. Hal ini pun diharapkan bisa menyelamatkan ekonomi Indonesia dari pandemi Covid-19.

"Kami berharap seluruh penerima Prakerja bisa menjadi calon usahawan kecil dan menengah. Jadi graduasi kartu Prakerja menjadi wiraswasta-wiraswasta baru dan ini ada di seluruh Indonesia sehingga bisa membantu menyelamatkan ekonomi Indonesia," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga menuturkan para alumni Kartu Prakerja juga dinilai konsisten karena mengikuti program pelatihan dari awal hingga selesai. Meski di tengah pandemi, para alumni berhasil menyelesaikan program pelatihan dengan baik.

"Di tengah ketidakpastian dan tantangan, bersedia tetap belajar dan punya daya tahan untuk mengikuti tes sampai selesai," tutur Airlangga.

"Setelah lolos, ada banyak pelatihan yang disediakan dan bisa dipilih sesuai minat dan kebutuhan individu. Tadi ada yang ikut empat-lima pelatihan, menghabiskan dana pelatihan, kemudian memilih untuk memulai usaha," lanjutnya.

Menurut dia, banyaknya para wirausaha merupakan sesuatu yang diharapkan pemerintah. Sebab situasi pandemi dibutuhkan SDM yang memiliki banyak skill, yang hanya bisa dicapai dengan pembelajaran secara terus-menerus.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Cek! Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Harus Antre

Minggu, 19 September 2021 | 09:37 WIB

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X