Live Streaming Gerhana Bulan Total: Di Jakarta, Lihat Puncak Super Blood Moon Pas Jam dan Menit Ini!

- Rabu, 26 Mei 2021 | 06:15 WIB

TEBET, AYOJAKARTAGerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon atau Bulan Merah Super diprediksi menghiasi langit Indonesia malam ini, Rabu 26 Mei 2021.  Fenomena alam itu terjadi ketika bulan berada di Perigee atau bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah yang kemudian dikenal dengan Blood Moon. Dengan posisi berada di Perigee, Bulan akan terlihat lebih besar dari fase purnama biasa dan sering disebut dengan Super Moon.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan pada Super Blood Moon kali ini lebar sudutnya akan lebih besar 13,77% apabila dibandingkan dengan ketika berada di titik terjauhnya (apoge). Kecerlangannya juga 15,6% lebih terang dengan rata-rata dan 29,1% lebih terang dibandingkan dengan ketika apoge.

Untuk wilayah DKI Jakarta, puncak dari Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan terjadi pada pukul 18 lewat 18 menit.

BMKG nantinya akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 di lokasi-lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menggunakan teleskop yang dipadukan dengan detektor dan teknologi informasi dan disebarluaskan melalui https://www.bmkg.go.id/gbt.

Selain BMKG, Lapan menyiarkan live streaming pemantauan Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon di kanal youtube Lapan pusat dan Lapan di beberapa daerah pada Rabu (26 Mei 2021) mulai pukul 15.45 WIB.

Berikut ini link yang bisa dipantau untuk melihat live streaming Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon:

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Cek! Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Harus Antre

Minggu, 19 September 2021 | 09:37 WIB

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X