Dugaan Korupsi di BPJS Ketenagakerjaan, KSPI Desak DPR Bentuk Pansus

- Kamis, 11 Februari 2021 | 09:21 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuntut DPR RI segera membentuk panitia khusus (pansus) terkait dugaan korupsi salah kelola investasi saham dan reksa dana di BPJS Ketenagakerjaan.

Desakan pembentukan pansus itu ditujukan agar kasus tersebut dapat dibahas secara luas, sehingga bukan hanya Komisi IX, tetapi juga Komisi III dan Komisi VI.

"KSPI mendesak DPR RI, khususnya Komisi IX bentuk pansus. Jangan panja (panitia kerja)," ujar Iqbal dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/2/2021).

Ia menduga kasus BPJS Ketenagakerjaan masih berkaitan dengan Jiwasraya dan PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Bahkan, diduga potensi kerugiannya bisa mencapai 43 triliun.

Untuk itu, KPSI akan bersurat kepada DPR RI pada hari ini. KSPI juga telah bersurat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Selasa (9/2/2021).

Dalam suratnya kepada Kejaksaan Agung, KSPI meminta agar kasus dugaan korupsi salah kelolah investasi saham dan reksa dana di BPJS Ketenagakerjaan, diusut tuntas. Bahkan, kata dia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) boleh pula diikutkan dalam pengawasan penuntasan kasus.

"Kepada Jaksa Agung, pak ST Burhanuddin, kami minta jangan berhenti pada istilah risiko bisnis. Tidak boleh sampai di situ. Digali lagi," ucapnya.

Sebelumnya, KSPI meminta Kejaksaan Agung bersungguh-sungguh memeriksa dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan. Jika dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan terbukti benar, maka dapat dikategorikan pelanggaran berat. Bahkan, patut diduga sebagai mega korupsi terbesar sejak BPJS berdiri dengan nama Jamsostek.

"Bilamana dugaan korupsi ini terbukti dari hasil penyelidikan Kejaksaan Agung, berarti uang buruh Indonesia telah dirampok oleh ‘pejabat berdasi’ para pimpinan yang ada di BPJS ketenagakerjaan," ucap Iqbal.

Halaman:

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Cek! Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Harus Antre

Minggu, 19 September 2021 | 09:37 WIB

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X