PNS, TNI-Polri, Pegawai BUMN Dilarang Bepergian Saat Liburan Imlek

- Senin, 8 Februari 2021 | 17:21 WIB
Ilustrasi (AyoBandung)
Ilustrasi (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN), Airlangga Hartarto meminta ASN, anggota TNI-Polri hingga pegawai BUMN dilarang berlibur saat libur panjang atau long weekend pada libur Imlek dari 12-14 Februari. Hal ini disampaikan demi menekan penularan Covid-19 selama libur Imlek.

"PPKM mikro ini kita lakukan dalam mengurangi penurunan kasus Covid-19. Kemudian pelarangan luar kota khusus bagi ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, pegawai BUMN selama masa liburan panjang atau long weekend yang terkait dengan kegiatan Imlek nanti," kata Airlangga dalam telekonferensi pers virtual, Senin (8/2/2021). 

Airlangga juga meminta pemerintah daerah (pemda) mengubah kebijakan pengaturan perjalanan dalam negeri dan internasional demi mengendalikan penularan Covid-19 dengan pengetatan protokol kesehatan dan aturan perjalanan.

Di antaranya, untuk dalam negeri yaitu pengetatan protokol kesehatan terkait testing, baik itu PCR dan antigen, kemudian pelaksanaan tes random atau acak, dan juga tentu pembatasan kegiatan saat libur panjang atau keagamaan.

Kemudian, penerapan pengaturan bagi pelaku perjalanan internasional, yaitu larangan memasuki Indonesia bagi WNA kecuali bagi kriteria tertentu dengan pengetatan protokol kesehatan, dengan testing PCR, tes kewajiban, karantina terpusat. 

"Jadi, masing-masing kepala daerah harus mengikuti aturan yang diterbitkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Desa (Mendes)," ujar Airlangga yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian RI ini. 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X