Ini Kelompok yang Sudah Pasti Ditolak Oleh Manajemen Kartu Prakerja! Jangan Sampai Kamu Termasuk ke Dalamnya

- Senin, 18 Januari 2021 | 14:39 WIB
Kartu Prakerja (dok. print)
Kartu Prakerja (dok. print)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2021. Hal ini dikatakan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sebagai informasi, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp10 Triliun yang akan digunakan untuk alokasi Program Kartu Prakerja. Selain itu, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja juga sudah bersiap untuk membuka gelombang lanjutan, yaitu gelombang 12.

Hal itu dibuktikan dari unggahan akun instagram resmi @prakerja.go.id beberapa waktu lalu.

“Jangan sampai ketinggalan informasi seputar Kartu Prakerja dan tunggu pembukaan gelombang Program Kartu Prakerja selanjutnya ya, Sobat!,” tulis keterangan salah satu unggahannya.

Lantas, bagaimana tips agar lolos menjadi penerima Kartu Prakerja di 2021? Terdapat tiga syarat utama yang harus dipastikan untuk mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja. Mereka adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau berkuliah.

Selain itu, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mempunyai prioritas pendaftar yang akan diterima untuk menjadi penerima insentif. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, membeberkan pihaknya mempunyai prioritas untuk masyarakat yang dapat diterima pada program Kartu Prakerja.

Prioritas tersebut adalah masyarakat yang mempunyai tanggungan 3 orang atau lebih, bekerja pada sektor informal, bekerja pada sektor UMKM, mempunyai gaji yang relatif rendah, dan mereka yang paling terdampak akibat pandemi.

Lima prioritas tersebut, kata Denni, akan diprioritaskan untuk menjadi penerima Kartu Prakerja. Hal itu disampaikan Denni ketika melakukan perbincangan virtual dengan media, Senin 14 September 2020.

Selain prioritas untuk lolos, juga terdapat golongan masyarakat yang tidak akan diterima sebagai penerima insentif. Mengacu pada Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, terdapat daftar hitam yang tidak diperbolehkan menerima Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X