Gus Yaqut Ternyata Punya Program Menjaga Pemersatuan Bangsa dan Penindakan Radikalisme

- Rabu, 23 Desember 2020 | 08:11 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas  alias Gus Yaqut/ instagram
Menag Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut/ instagram

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Menteri Agama baru, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut, ternyata memiliki program penting untuk menjaga kesatuan bangsa dan memberantas praktik radikalisme di Indonesia. Itu diungkapkan Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur, Syafiq Syauqi.

Syafiq menyebut, Gus Yaqut memiliki kemampuan dan komitmen untuk menyelesaikan urusan yang berhubungan dengan keagamaan antarumat beragama. Toleransi antarumat beragama akan menjadi salah satu fokus yang diutamakan dalam menjaga kesatuan, lantaran Indonesia memiliki banyak keberagaman.

AYO BACA : Reshuffle Kabinet: Ini Daftar Menteri Baru Kabinet Jokowi

"Terutama masalah penanganan radikalisme karena konsentrasinya sudah sejak beberapa tahun lalu. Saya yakin beliau punya rumusan dan kebijakan menjadikan bangsa ini yang damai, rukun dan toleran," ujar Gus Syafiq saat dikonfirmasi, Selasa (22/12/2020).

Selain urusan itu, urusan lainnya yang mampu dilakukan oleh Gus Yaqut berkaitan dengan pesantren, regulasi haji dan sebagainya. Kemampuan untuk mengelola permasalahan itu karena juga sering digeluti oleh Ansor.

AYO BACA : Yaqut Cholil Qoumas, Dari Ansor 1 Menjadi Kementerian Agama 1

"Beliau sudah membuktikan komitmennya dan saat ini beliau harus membuktikan untuk negara. Dan kami (Ansor) rela mewakafkan beliau untuk bangsa Indonesia," ucapnya.

Dengan dipilihanya Gus Yaqut diharapkan nantinya bisa menjalankan amanah yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Dan juga diharapkan Indonesia bisa menjadi negara yang plural dan milik bersama.

"Yang jelas beliau telah diwakafkan menjadi milik bangsa Indonesia. Sekarang kebijakannya harus untuk semua kepentingan umat, bukan hanya untuk Ansor. Dan kami berharap beliau bisa menyelesaikan tugasnya dan memberikan kontribusi besar kepada bangsa," katanya.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Kick-Off Program Pemberdayaan PNM Tahun 2022

Jumat, 7 Januari 2022 | 14:40 WIB
X