Teruntuk Guru Honorer: Ingin Jadi Guru PPPK? Siap-siap Ya, Rincian Prosedur Diumumkan Awal 2021!

- Rabu, 25 November 2020 | 09:54 WIB
Teruntuk Guru Honorer: Ingin Jadi Guru PPPK? Siap-siap Ya, Rincian Prosedur Diumumkan Awal 2021! (ilustrasi)/ayobandung.com/irfan al-faritsi
Teruntuk Guru Honorer: Ingin Jadi Guru PPPK? Siap-siap Ya, Rincian Prosedur Diumumkan Awal 2021! (ilustrasi)/ayobandung.com/irfan al-faritsi

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah membuka kesempatan bagi para guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2), untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Seleksi tersebut terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar. 

Sesuai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PPPK.

Adapun guru PPPK adalah guru bukan PNS yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas mengajar.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Iwan Syahril, menuturkan proses seleksi guru ASN PPPK akan dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Panselnas akan mengumumkan rincian prosedur dan syarat lain di awal tahun depan,” ujar Iwan saat dihubungi Ayojakarta, Rabu (25 November 2020).

 Iwan menegaskan yang terpenting saat ini adalah pengajuan formasi oleh pemerintah daerah ke pemerintah pusat. Pemerintah daerah, kata dia, perlu melakukan perhitungan kebutuhan guru yang ada dengan seksama.

“Pengajuan formasi kebutuhan tersebut sebelum akhir Desember 2020. Ini tenggat waktu yang penting,” lanjutnya.

Berikut Ayojakarta rangkum syarat untuk mendaftar dan mengikuti seleksi PPPK 2021:

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X