Mulai 26 Oktober, WNI Diizinkan Masuk ke Singapura. Simak Syarat dan Caranya

- Senin, 12 Oktober 2020 | 10:34 WIB
Patung Singa, ikon Singapura. (dok Republika)
Patung Singa, ikon Singapura. (dok Republika)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengumumkan bahwa Pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama Travel Corridor Arrangement (TCA) dengan Pemerintah Singapura.

Hal ini menandakan bahwa warga negara dari dua negara tersebut telah mendapatkan izin untuk melakukan perjalanan antar dua negara, setelah dampak dari pandemi Covid-19.

“Pada pagi hari ini, saya ingin menyampaikan bahwa negosiasi Indonesia- Singapura untuk TCA telah selesai. Dari pihak Singapura, TCA ini disebut Reciprocal Green Lane atau RGL,” kata Retno dalam konferensinya, Senin (12/10/2020).

Namun, sesuai dengan kesepakatan dengan Singapura, pengaturan ini akan berlaku 14 hari setelah pengumuman hari ini. Berarti, TCA Indonesia – Singapura akan mulai berlaku pada 26 Oktober 2020.

“Ini berarti kedua negara akan mulai menerima aplikasi pada tanggal 26 Oktober 2020. Perjalanan akan dapat dilakukan segera dalam waktu beberapa hari sesuai proses aplikasi e-visa imigrasi untuk Indonesia dan safe travel pass untuk Singapura,” ujarnya.

AYO BACA : Kawasan Wisata Ancol Dibuka Kembali Mulai Hari Ini, Pengunjung Luar DKI Boleh Datang

Tetapi, tidak semua warga negara Indonesia dapat melakukan perjalanan ke Singapura. Retno menegaskan, TCA diberlakukan hanya untuk mereka yang melakukan perjalanan dengan tujuan bisnis dan perjalanan diplomatik maupun kedinasan yang mendesak.

“Dengan demikian, maka TCA tidak berlaku untuk perjalanan biasa atau wisata,” tegas Retno.

Berikut Ayojakarta rangkum persyaratan yang harus dipenuhi WNI untuk masuk ke Singapura:

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Diduga Tabrak Gunung

Rabu, 15 September 2021 | 11:18 WIB

Kartu Prakerja Gelombang 21 Bakal Dibuka, tapi Kapan?

Rabu, 15 September 2021 | 11:09 WIB
X