CARA PENCAIRAN BLT PEKERJA FORMAL: Tinggal 5 Hari Lagi Subsidi Dikirim Langsung ke Rekening

- Kamis, 20 Agustus 2020 | 17:16 WIB
Ilustrasi/republika
Ilustrasi/republika


TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah menjanjikan pencairan bantuan langsung tunai (BLT) atau subsidi upah untu pekerja formal yang tercatat sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp5 juta mulai 25 Agustus 2020.

Sampai dengan Minggu 16 Agustus, tercatat sudah 12 juta rekening pekerja formal yang berhak mendapatkan BLT atau subsidi upah yang masuk ke pemerintah untuk divalidasi. Menurut rencana, seperti diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauizyah, pencairan ‘kloter’ pertama akan dilakukan 25 Agustus.

Kementerian Ketenagakerjaan pun telah merilis Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 14 tahun 2020 yang mengatur tata cara pencairan dan pemberian BLT untuk pekerja atau buruh formal senilai Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.

Permenaker No 14/ 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Dampak Covid-19 merinci syarat penerima dan cara pemberian BLT untuk pekerja atau buruh dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Berikut tata cara pemberian BLT pekerja atau buruh formal yang diatur dalam Permenaker No.14 tahun 2020 yang ditandatangani oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauizyah pada 14 Agustus 2020:

Tata Cara Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah

Pasal 5

(1) Data calon penerima Bantuan Pemerintah berupa subsidi Gaji/Upah bersumber dari data peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan.

(2) BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi dan validasi datacalon penerima Bantuan Pemerintah berupa subsidi Gaji/Upah sesuai dengan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2).

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X