Presiden Jokowi Terbitkan Inpres Protokol Kesehatan, Kepala Daerah Diminta Sosialisasi Masif

- Kamis, 6 Agustus 2020 | 20:27 WIB
Presiden Joko Widodo (Twitter Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Twitter Jokowi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mendorong jajaran TNI-Polri, Gunernur, Bupati, hingga Wali Kota menyosialisasikan protokol kesehatan.

Hal itu menyusul Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Inpres ini pada prinsipnya mendorong TNI-Polri, Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk meningkatkan sosialisasi secara masif terkait protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 secara partisipatif dari semua unsur masyarakat,” ucap Wiku dalam keterangan yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (6/8/2020).

AYO BACA : Jamu atau Obat Herbal Tak Mampu Obati Covid-19

Dalam Inpres tersebut, Jokowi menginstruksikan setiap pimpinan daerah untuk menyusun dan menetapkan peraturan beserta sanksinya.

“Tentunya, sanksi akan menyesuaikan daerah masing-masing dengan berlandaskan kearifan lokal. Sanksi tersebut dapat berupa teguran lisan maupun tertulis, kerja sosial, denda administratif hingga penghentian ataupun penutupan sementara penyelenggaraan usaha dalam ruang publik,”

 beber Wiku. Untuk itu, Wiku berharap agar nantinya masyarakat dapat bekerjasama agar peraturan tersebut dapat berjalan dengan baik. Agar ke depan, lanjut Wiku, seluruh pihak bisa taat pada protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

AYO BACA : Ini Syarat Pekerja Swasta Yang Bisa Dapat Bantuan Rp600 Ribu per Bulan, Karyawan BUMN Tak Dapat

“Kami mohon agar masyarakat dapat bekerja sama sehingga dapat terlaksana dengan baik upaya kita bersama dalam mendisiplinkan diri kita semuanya terhadap protokol kesehatan sehingga Covid-19 dapat tertangani dengan lebih cepat,” tutupnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X