Ridwan Kamil: Warga Jakarta Jangan Dulu ke Puncak

- Jumat, 26 Juni 2020 | 21:33 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM – Pergerakan wisatawan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dinilai belum dapat dikendalikan dengan baik. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau agar warga DKI Jakarta untuk tak berwisata dulu ke kawasan Puncak.

"Warga Jakarta untuk jangan dulu datang ke Puncak, karena pergerakan wisatawan masih belum terkendali," jelasnya.

Emil, sapaan karibnya mengatakan, pergerakan wisata dapat dikendalikan bila pengelolaan wisata menjual tiket. Dengan tiket, lanjut Emil, pergerakan dapat diatur. Sehingga, dapat dilakukan antisipasi maupun pembatasan pengunjung.

Sebaliknya, Emil menilai, pergerakan wisatawan sulit diatur jika banyak yang berkunjung ke wisata tanpa pengelola maupun yang tak menyediakan tiket.

Karena itu, dia menyatakan, akan kembali mengkaji tempat wisata yang tak dapat mengendalikan pergerakan wisatawan untuk mengambil kebijakan yang terukur dalam mencegah persebaran Covid-19.

"Kebanyakan itu, banyak yang masuk ke wilayah-wilayah yang tidak ada pengelolanya, air terjun, kebun teh, itu yang sedang kita kaji," katanya.

Pemprov Jabar akan kembali menggelar tes swab dan rapid test di kawasan Puncak, untuk menyasar wisatawan. Jika banyak ditemukan yang positif Covid-19, Emil mengancam akan menutup tempat wisata di Puncak, Kabupaten Bogor.

"Karena besok dites juga ya. Kalau masih banyak ditemukan yang positif, terpaksa kita tutup," kata Emil di Stasiun Bogor, Jumat (26/6/2020), seperti dikutip Republika.

Pekan lalu, Emil menjelaskan, pihaknya telah menggelar rapid dan swab test di kawasan Puncak untuk wisatawan. Dari 88 wisatawan yang reaktif, dua di antaranya dinyatakan positif Covid-19 yang ber-KTP DKI Jakarta.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Cek! Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tanpa Harus Antre

Minggu, 19 September 2021 | 09:37 WIB

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X