Warga Kampung Gandasoli Tasik Waswas, Tanah Kampung Bergerak

- Rabu, 24 Juni 2020 | 18:39 WIB
Madin (56) Kampung Gandasoli, Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya saat melihat kondisi retakan rumahnya. (Ayotasik/Irpan Wahab)
Madin (56) Kampung Gandasoli, Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya saat melihat kondisi retakan rumahnya. (Ayotasik/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOJAKARTA.COM -- Sedikitnya 12 kepala keluarga atau 39 jiwa di Kampung Gandasoli, Desa Bojonggambir, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya waswas dan ketakutan. Hal itu setelah beberapa hari lalu tanah di perkampungan mereka mengalami pergerakan tanah.

Bahkan 12 rumah dan satu buah bangunan musala kini dalam kondisi rusak. Satu rumah kini telah dikosongkan akibat kerusakan parah dan tidak bisa lagi ditempati. Namun 11 kepala keluarga lainnya kini masih bertahan di lokasi kampung, meski tinggal di rumah yang telah miring dan nyaris ambruk.

AYO BACA : Penggerak Pariwisata Tasikmalaya Sambut Baik Pembukaan Obyek Wisata

"Satu rumah permanen dan satu musala kini rusak parah. 11 rumah lainnya masih ditempati. Karena rumah panggung jadi tidak terlalu terlihat rusak, namun telah miring akibat pondasinya yang bergeser," jelas Madin (56) salah warga setempat, Rabu (24/6/2020).

Ditambahkan Madin, pergerakan tanah yang ditandai dengan adanya retakan tanah itu sudah muncul sejak bulan Ramadan kemarin. Namun masih berupa retakan memanjang dari atas bukit ke wilayah perkampungan mereka dengan panjang sekitar 50 meter.

AYO BACA : Ribuan Keluarga Penerima Manfaat di Tasikmalaya Menanti Bantuan Sembako

Akan tetapi sejak curah hujan tinggi 4 hari terakhir, retakan tanah ini makin besar dan banyak sehingga mengepung perkampungan Gandasoli. Seluruh rumah terkeda dampaknya dan bergeser dari posisi semula.

"Jadi warga kini cemas, jika pergerakan tanah ini makin besar hingga menggusur perkampungan," ujar Madin.

Dihubungi terpisah, Camat Bojonggambir Tatang Rahayu mengatakan, pada Rabu (24/6/2020) pihaknya bersama unsur muspika melihat langsung ke kampung Gandasoli. Namun dari kunjungan itu, pihaknya belum bisa menentukan langkah ke depan termasuk kelayakan kampung masih bisa ditempati atau tidak.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X