Para Senator Tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila

- Selasa, 16 Juni 2020 | 14:49 WIB
Anggota DPD RI dari Kalimantan Barat, Maria Goreti (dok pribadi)
Anggota DPD RI dari Kalimantan Barat, Maria Goreti (dok pribadi)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di DPR dinilai terkesan dipaksakan di masa pandemi virus corona ini. 

Anggota DPD RI dari Kalimantan Barat, Maria Goreti menyatakan bahwa dirinya bersama anggota DPD RI yang lain sudah menggalang penolakan terhadap pembahasan RUU HIP. 

Hal itu ditegaskan Maria Goreti saat menjadi pembicara pada Webinar Pancasila The Series 3: Siapa Sih Musuh Pancasila? Persfektif Perempuan, Senin (15/06/2020) malam.

“Saya mau sampaikan, Pancasila sudah final. Asas tunggal semua partai politik dan juga lembaga-lembaga Negara, dan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila bukan untuk diperdebatkan lagi dan bukan untuk dibuat Undang-Undangnya lagi. Tetapi untuk diterapkan dalam setiap kebijakan bahkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Maria Goreti.

Oleh karena itu, DPD RI akan menggelar Rapat Paripurna DPD RI via virtual, untuk membahas penolakan RUU HIP tersebut.

“Kami di DPD RI hari ini akan menggelar rapat paripurna secara virtual, untuk membahas RUU HIP itu. Kami menolak RUU HIP itu, sebab mereduksi nilai-nilai Pancasilanya sendiri. Dari semalam itu, sudah sekitar 86 anggota DPD RI menyatakan menolak pembahasan RUU HIP di DPD,” ungkap Maria Goreti, Selasa (16/6/2020).

Maria menegaskan, untuk pembahasan RUU HIP yang digelar DPR itu belum diatur dalam Tata Tertib-nya.

“Ada hal-hal genting yang terjadi di NKRI yang belum bisa diambil kesepakatan rapat paripurna virtual ini. Kami membutuhkan protokol juga, untuk melakukan pembahasan secara langsung. Sehingga paripurna tak dilakukan secara virtual,” jelasnya.

Maria juga menilai RUU HIP ini sangat dipaksakan. “Bayangkan RUU yang sangat penting bagi keberlanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara, masa dipaksakan di tengah pandemi COVID-19.  Itu harus dibahas dengan sangat hati-hati dan bersama-sama, secara langsung,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X