Jadi Zona Merah Pekat, Surabaya Izinkan Karaoke Buka

- Minggu, 14 Juni 2020 | 22:32 WIB
Ilustrasi Tempat Karaoke
Ilustrasi Tempat Karaoke

SURABAYA, AYOJAKARTA.COM - Kota Surabaya menjadi wilayah dengan zona merah pekat kasus corona. Namun, tempat hiburan karaoke justru diizinkan buka, meski dengan persyaratan.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto, mengatakan izin pembukaan tempat hiburan karaoke dilakukan atas saran dariĀ  Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi).

Berdasarkan rekomendasi, kata irvan, pihaknya membuat petunjuk teknis Perwali 28/2020 yang di dalamnya mengatur tempat karaoke. Protokol kesehatannya termasuk memastikan seluruh area bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan (disinfeksi) secara berkala setiap empat jam sekali menggunakan pembersih dan disinfektan yang sesuai.

Irvan menegasan, pengelola karaoke diharuskan mengikuti petunjuk teknis Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Saat Pandemi Covid-19.

AYO BACA : Tes Massal, 179 Warga di Surabaya Reaktif

"Karena ini bidang ini khusus sehingga memerlukan petunjuk teknis khusus juga," kata Irvan di Surabaya, Minggu (14/6/2020).

Jalur masuk dan keluar pengunjung karaoke, lanjut Irvan, juga harus dipisahkan. Pemesanan room dan lainnya hingga pembayaran diutamakan dengan cara online. Pihak karaoke pun hanya bole menampung kapasitas tamu 50% dari biasanya.

Pengelola karaoke, kata dia, juga harus menyediakan thermogun di pintu masuk tamu dan melarang masuk tamu yang bersuhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius dan tidak menggunakan masker, serta wajib melakukan pemeriksaan kesehatan kepada karyawan secara berkala.

Tidak hanya itu, menurut Irvan, pengelola harus menempatkan wastafel dengan sabun cuci tangan dan cairan pembersih tangan di pintu masuk, resepsionis/kasir, pintu keluar, ruang karaoke, ruang pemandu lagu, dan tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau. Pengelola juga harus memastikan cairan pembersih tangan diisi ulang secara teratur.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X