Perawat PDP di Surabaya Wafat saat Hamil

- Senin, 18 Mei 2020 | 17:57 WIB
Sebagai ilustrasi wabah virus corona. shutterstock
Sebagai ilustrasi wabah virus corona. shutterstock

SURABAYA, AYOJAKARTA.COM -  Ari Puspitasari, seorang perawat dinyatakan meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Kematian Ari dikonfirmasi pihak rumah sakit tempatnya bekerja, Rumah Sakit (RS) Royal Surabaya, Senin (18/5/2020), pukul 10.15 WIB.

Juru Bicara RS Royal Surabaya, dr Dewa Nyoman Sutanaya mengungkapkan, mendiang Ari bukanlah perawta yang langsung menangani kasus virus corona. Namun ia memiliki gejala yang mengarah pada virus corona, sehingga dinyatakan PDP. Ari meninggal dalam kondisi tengah mengandung, namun belum dipastikan berapa usia kandungannya.

"Informasi yang saya dapat yang bersangkutan memang sedang hamil, tapi saya belum dapat info usia kehamilannya," kata Dewa.

Dewa menegaskan, yang bersangkutan belum bisa dikatakan terjangkit Covid-19, karena hingga saat ini hasil swabnya belum keluar. Namun, kata Dewa, gejala klinis yang timbul mengarah ke Covid-19, sehingga berstatus PDP.

AYO BACA : Terbaru, Dokter Muda Meninggal karena COVID-19

Dewa mengungkapkan, Ari Puspitasari sudah satu tahun lebih bekerja sebagai perawat di RS Royal Surabaya. Meskipun sebenarnya, Ari tidak bertugas melayani pasien Covid-19.

"Beliau bertugas di tempat layanan pasien biasa, bukan pasien Covid-19," ujar Dewa. Dewa menegaskan, sesuai protokol kesehatan, semua perawat dan dokter yang pernah memiliki riwayat kontak dengan Ari Puspitasari dilalukan tracing dan isolasi guna mengantisipasi penularan.

Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI) sebelumnya mengungkapkan kekecewaan terhadap pemeritahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Mereka menilai pemerintah tidak tegas dalam membuat dan menjalankan kebijakan.

"Kecewa, tentu kami kecewa karena kami ingin wabah ini segera berakhir," kata Ketua Tim Penanganan Covid-19 PPNI Jajat Sudrajat kepada Republika, di Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X