Penjual Surat Bebas Covid-19 Ditangkap di Bali

- Jumat, 15 Mei 2020 | 15:59 WIB
Sebagai ilustrasi, beredar surat bebas Covid-19 yang dijual bebas dalam jaringan (daring).(Dok. Tangkapan layar Twitter/@dokterpodcast)
Sebagai ilustrasi, beredar surat bebas Covid-19 yang dijual bebas dalam jaringan (daring).(Dok. Tangkapan layar Twitter/@dokterpodcast)

JEMBRANA, AYOJAKARTA.COM - Para pelaku penjual surat keterangan bebas Covid-19 dan syarat dokumen perjalanan dinas ditangkap saat akan pergi ke Pulau Jawa lewat Pelabuhan Gilimanuk. Komplotan tersebut berjumlah 7 orang dan kini diamankan pihak Kepolisian Resor (Polres) Jembrana.

"Beredarnya penjualan surat keterangan sehat palsu itu sempat ramai di media sosial. Kami melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku," kata Kapolres Jembrana, Ajun Komisaris Besar I Ketut Gede Adi Wibawa, saat mengadakan jumpa pers terkait pengungkapan kasus tersebut, di Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Jumat (15/5/2020).

Dari penyelidikan yang dilakukan, pihaknya menangkap Wid, RF dan PEA yang seluruhnya warga Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Negara serta IA yang warga Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Selain empat orang itu, polisi juga menangkap, FMN yang warga Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung serta BSP dan SWP yang warga Kelurahan Gilimanuk.

"Mereka sama-sama melakukan tindak pidana menjual surat keterangan sehat palsu. Kedua kelompok itu berbeda, tapi modusnya sama," kata Adi.

AYO BACA : Dicatut Namanya Dalam Jual Beli Surat Bebas Covid-19, Ini Penjelasan RS Mitra Keluarga

Menurut dia, kelompok Wid, RF, PEA dan IA telah menjual 15 lembar surat keterangan sehat palsu dengan harga antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu perlembar.

Berdasarkan keterangan IA dan RF, mereka mendapatkan surat keterangan sehat palsu itu dari Wid dengan cara membeli Rp 25 ribu perlembar, Kemudian mereka menggandakan di tempat percetakan milik SWP.

Sedangkan Wid mengaku, menggandakan surat tersebut bersama PEA, setelah ia menemukan surat itu di depan salah satu minimarket di Kelurahan Gilimanuk.

Halaman:

Editor: Fitria Rahmawati

Tags

Terkini

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X