Wahyu Pertama Nabi Muhammad SAW Turun di Bulan Ramadan

- Senin, 27 April 2020 | 09:59 WIB
Gua Hira
Gua Hira

AYOJAKARTA.COM -- Sejak awal, Muhammad sudah terbiasa merenung, memikirkan hakikat kebenaran, juga kondisi lingkungannya. Ia memilih tempat yang jauh dari keramaian. 

Hal ini sudah dilakukan sejak masih bujang hingga kemudian menikah dengan Khadihah dan memiliki beberapa anak. 

Dikutip dari Sejarah Hidup Muhammad (1980) karya Muhammad Husain Haekal, lokasi yang dipilih Muhammad adalah puncak Gunung Hira,  di Jabal Nur - sejauh dua farsakh sebelah utara Mekah ---, dengan membawa bekal air dan roti gandum. Gua Hira merupakan gua kecil yang berukuran lebar 1,75 hasta dan panjang empat hasta dengan ukuran dzira’ hadid (ukuran hasta dari besi).

Sepanjang bulan Ramadan tiap tahun, beliau pergi ke sana dan berdiam di tempat itu, cukup hanya dengan membawa bekal air dan roti gandum. Beliau tekun dalam renungan dan ibadat, jauh dari segala kesibukan hidup dan keributan manusia. Beliau mencari Kebenaran, dan hanya kebenaran semata.

Ketika usia beliau genap 40 tahun, tanda-tanda kenabian semakin nampak dan bersinar. Di antaranya, ada sebuah batu di Mekkah yang mengucapkan salam kepada beliau. Beliau SAW bersabda:

إِنِّي لَأَعْرِفُ حَجَرًا بِمَكَّةَ كَانَ يُسَلِّمُ عَلَيَّ قَبْلَ أَنْ أُبْعَثَ إِنِّي لَأَعْرِفُهُ الْآنَ

“Sungguh aku mengetahui sebuah batu di Mekkah yang mengucapkan salam kepadaku sebelum aku diutus (menjadi Nabi). Dan aku masih mengenalkan sampai sekarang” (HR. Muslim no. 2277).

Ibnu Hajar Al Asqalani mengatakan dengan mengutip pendapat al-Baihaqi bahwa masa ru’ya ash shalihah berlangsung selama enam bulan, terjadi pada bulan kelahiran beliau yaitu Rabi’ul Awwal, setelah beliau genap 40 tahun. Sedangkan wahyu dalam kondisi terjaga terjadi pada bulan Ramadhan” (Fathul Bari, 1/27).

AYO BACA : Kapan Waktu Makan Sahur ala Rasulullah?

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB

Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak, Diduga Tabrak Gunung

Rabu, 15 September 2021 | 11:18 WIB

Kartu Prakerja Gelombang 21 Bakal Dibuka, tapi Kapan?

Rabu, 15 September 2021 | 11:09 WIB
X